Home / ---- / Semua Pihak Harus Peduli Terhadap Eksistensi Pers

Semua Pihak Harus Peduli Terhadap Eksistensi Pers

MALANG (LN) – Bulan Februari, bagi sebagian kaum jurnalis atau wartawan, dinilai bulan yang “istimewa”. Karena pada bulan tersebut, tepatnya 9 Februari, dinilai sebagai Hari Pers Nasional (HPN). Pada peringatan HPN 2016, secara nasional diperingati dengan aneka acara yang berkaitan dengan pers.

Sebagian “buruh tinta” itu memperingati Hari Pers Nasional pada 9 Februari, karena berdasar pada Keputusan Presiden RI Nomor 5 Tahun 1985 yang ditandatangani oleh Presiden Soeharto.

Lahirnya Keputusan Presiden RI Nomor 5 Tahun 1985 tersebut, berdasarkan usulan dari hasil Sidang ke-21 Dewan Pers di Bandung, Jawa Barat, pada 19 Februari 1981 silam.

Usulan Dewan Pers tersebut sebagai tindaklanjut dari cetusan kehendak “masyarakat pers Indonesia” yang tercantum dalam satu butir keputusan Kongres ke-28 Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) di Padang, Sumatera Barat, pada 1978.

Setelah mendapat pengakuan dari pemerintah, khusunya Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), selaku salah satu organisasi profesi yang dimiliki wartawan, mulai merangkul semua komponen pers untuk ikut ambil bagian dalam peringatan HPN.

PWI menilai, bahwa HPN adalah milik semua komponen pers dan masyarakat luas, mengingat pers adalah merupakan pilar keempat dalam kehidupan demokrasi di luar lembaga eksekutif, legislatif, dan yudikatif.

PWI menilai, komponen pers bukan hanya kalangan wartawan atau jurnalis sebagai pilar utamanya, melainkan juga pihak terkait, seperti perusahaan penerbitan pers, periklanan, perhumasan, dan semua pihak yang peduli terhadap eksistensi pers yang merdeka, independen, profesional dan beretika.

(Sumber : www.jatimtimes.com)

Check Also

Jalin Tali Kasih, IKW RI Kerjasama Humas Polda Sumbar Salurkan Bantuan Sembako

Padang (LN)– Ikatan Keluarga Wartawan (IKW-RI) Sumbar Bekerja sama dengan Humas Polda Sumbar dan Humas …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *