Home / ---- / Aji Rukmana : Paguyuban Warga Sunda Berkontribusi Bangun Sumbar

Aji Rukmana : Paguyuban Warga Sunda Berkontribusi Bangun Sumbar

CIMG8979PADANG (LN)—Paguyuban Warga Sunda (PWS) Sumbar bukan saja sebagai ajang silahturahmi sesama warga Jawa Barat yang berdomisi di Sumbar, namun menjadi aset yang dapat mendukung kemajuan pembangunan Sumbar.

Antara masyarakat Sumbar (minang) dengan masyarakat Jawa Barat (sunda), sejak dulunya sudah terjalin hubungan emosional serta kerjasama yang baik, diberbagai bidang, seperti seni, budaya, ekonomi, pembangunan dan sebagainya. Bahkan kerjasama ini terus dipertahankan hingga sekarang.

Hal itu disampaikan, Gubernur jawa Barat yang diwakili Sekda Prov. Jawa Barat, H. Iwa Karniwa pada “Acara Silahturahmi Akbar Paguyuban Warga Sunda (PWS) Se-Sumbar”, Minggu (31/1) bertempat di Korem 032/Wirabraja, Padang.

“Hubungan emosional antara Sumbar dengan Jabar sudah tercipta sejak dulunya. Dan hal ini tentunya berdampak positif terhadap kemajuan bagi masing-masing daerah.

Selain itu, Warga sunda yang berdomisi di Sumbar hendaknya bisa menjaga hubungan silahturahmi yang sudah terbina dengan baik, dengan cara hidup berdampingan serta menjalin komunikasi berkelanjutan. Ikut membaur, bersinergis serta berkolaborasi, terutama dalam bidang seni dan budaya, himbau Sekda.

CIMG8983DPR RI, Popong Otje Djundjunan, “Jangan Ada Perbedaan, Cari Persamaan”
Kerjasamana antara masyarakat Sumbar (Minang) dengan Jabar (Sunda) ini sebuah hal positif yang perlu ditumbuh kembangkan demi memperkokoh bangsa, sebagaimana di amanatkan “Bhinika Tungga Ika”. Berbeda namun merupakan satu kesatuan. Jangan mencari perbedaan yang dapat menjadi perpecahanan, pesan sesepuh PWS ini.

Wakil Walikota Padang, Emzalmi, “Dimana Bumi di Pijak, disitu Langit Di Junjung”
Sebuah ungkapan pepatah minang yang tidak asing, “Dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung”. Artinya Dimana berada hendaknya menyesuaikan dengan kebiasaan masyarakat (adat isitiadat) ditempat tersebut.

Dari sejarahnya, masyarakat sunda dengan masyarakat minang selalu bahu membahu. Tak kala terjadi nya gempa, pemerintah provinsi Jawa Barat ikut memberikan perhatian dan bantuan tanpa membedakan-bedakan, apakah itu masyarakat Minang ataupun Sunda, sampai Wawako Padang.

Ketua Paguyuban Warga Sunda (PWS) Sumbar, Aji Rukmana, “Berkontribusi Bangun Sumbar”
“Paguyuban Warga Sunda (PWS) sudah berdiri sejak tahun 1968. Dan sekarang dari 19 kab/kota di Sumbar, sudah ada perwakilan di 14 kab/kota di Sumbar.

Tercatat, ada sebanyak 33.000 orang anggota. Dari jumlah tersebut, mayoritas berdomisi di Kabupaten Dharmasraya, sekitar 15.000 jiwa. Sementara yang lainnya menyebar di kab/kota lainnya.

Dalam kesehariannya dalam hidup bermasyarakat, anggota PWS selalu dihimbau untuk bisa berkontribusi, melakukan kerjasama guna kemajuan Sumbar, papar Rukmana.

Pada acara silahturahmi akbar dihadiri sekitar seribu orang, menampilkan berbagai pegelaran kesenian Jabar, disaksikan Gubernur Sumbar Terpilih Irwan Prayitno, Asisten II Setdaprov Sumbar Syafruddin, Wakil Wali Kota Padang Emzalmi, Ketua Umum PWS Didi Turmudzi, Setdaprov Jabar Iwa Karniwa, Bupati Agam, Tanah Datar, Wakil Rektor Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung, pengurus PWS se-Sumbar serta warga Sunda di Sumbar. (JR/LN)

Check Also

TdS Etape.I Finish di Padang Mendapat Sambutan Meriah, Pembalap Jerman Tampil Sebagai Pemenang

PADANG (LN)–Balap sepeda Tour de Singkarak (TdS) 2017 etape pertama dari Istano Basa Pagaruyung, Tanah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *