Home / ---- / Silaturahmi IKASMANTRI Angkatan’86, “Mangikek Nan Taserak”

Silaturahmi IKASMANTRI Angkatan’86, “Mangikek Nan Taserak”

sma1PADANG (LN)–Ikatan Alumni SMAN 3 (IKASMANTRI) Padang lulusan tahun 1986 adakan acara temu alumni, mengangkat tema “Alek Nagari 86, Mengikek nan Taserak” dengan tampilan “ala country comboy”, Sabtu (2/4) di Padang.

Ratusan orang alumni yang kini sudah terpencar di berbagai kota dan provinsi, seperti Jakarta, Jambi, Pekanbaru, Pelembang dan sebagainya, kini berkumpul dan membaur kembali. Disini semua saling cerita, menggenang tentang masa-masa indah saat sekolah dulu. Acara berlangsung meriah, di isi berbagai hiburan, permainan dan pertunjukan disajikan untuk melepaskan kangen (taragak).

sma5Tak terasa, 30 tahun sudah waktu berlalu, begitu banyak perubahan yang sudah terjadi. Meskipun demikian, persabatan dan pertemanan yang sudah terjalin tidak akan lekang oleh waktu.

Ketua Pelaksana acara temu alumni SMAN 3 Padang, mengangkat Tema “Alek Nagari 86 Sumbangan, Mengikek Nan Taserak” Eko Oesman disela acara mengatakan, acara  pertemuan alumni ini, selain untuk mengenang masa lalu, melepaskan kerinduan namun juga membahas masa depan.

sma7Dari keseluruhannya, anggota alumni 86 ini ada sekitar 400 orang, sementara yang sudah terdata baru sebanyak 250 orang. Artinya, masih ada sekitar 150 orang lainnya yang hingga saat ini masih belum diketahui keberadaannya. Melalui acara ini, hendaknya bisa menemukan kawan-kawan tersebut sebagaimana menjadi tema acara malam ini, “Mengikek nan Taserak”.

sma3Disampaikannya, “Pada saat ini, alumni lebih memprioritaskan untuk meningkatkan kemandirian anggota. Karena sebelumnya (tahun 2011), angkatan 86 sudah menyumbangkan kepada sekolah berupa bantuan pembuatan Kantin, dengan biaya sekitar ratusan juta rupiah”.

“Kini saatnya untuk memberikan perhatian kepada keluarga alumni, seperti pemberian bea siswa kepada anak-anak dari sahabat/kawan yang sudah almalhum (meninggal dunia), serta  memberikan bantuan permodalan kepada alumni yang masih kesusahan secara ekonomi berupa pinjaman dana bergulir.

sma2Salah satu usaha alumni yang sudah berjalan, adanya Restoran alumni yang modalnya 100 persen berasal dari sumbangan alumni. Dan restoran ini juga dikelola langsung oleh alumni, jelas Eko yang sehari-harinya beraktivitas di Jakarta sebagai  PNS BPS RI.

Sementara itu, Yuliarman, yang juga sebagai Komisi V DPRD Provinsi Sumbar mengatakan “Kontribusi alumni SMAN 3 Padang di tengah masyarakat sudah terbukti. Bahkan, Ikasmantri selalu ikut mendorong pemerintah dalam mengatasi permasalah sosial yang terjadi ditengah masyarakat, seperti ikut membantu kepada kaum Dhuafa, anak terlantar, fakir miskin dan lainnya yang membutuhkan, terutama bagi keluarga besar IKASMANTRI sendiri.

Selain itu,  Yuliarman juga menghimbau untuk membina serta meningkatkan hubungan Komunikasi yang baik, tanpa membeda-bedakan angkatan. Dengan demikian, apapun permasalahan dapat dicarikan solusinya.

Sedangkan, Noviyanti mengungkapkan rasa bahagia karena bisa bertemu kembali dengan kawan-kawan lama.

“Acara ini menjadi “Nafas Hati, jiwa dan raga”, karena setelah 30 tahun tidak bertemu kini bisa berkumpul dan berkumpul kembali, sambil bercerita tentang masa-masa saat sekolah dulu”, sampai Novi yang menjabat sebagai Kepala UPT. Museum Aditiyawarman Padang ini tersenyum manis. (LN)

Check Also

PSBB Sumbar Diperpanjang Hingga 7 Juni 2020, Hanya Bukittinggi News Normal

Padang (LN)—Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) kembali diperpanjang oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Barat hingga 7 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *