Home / ---- / Sumbar Konsisten Terapkan PSBB, Perketat Pengawasan di Perbatasan

Sumbar Konsisten Terapkan PSBB, Perketat Pengawasan di Perbatasan

Padang (LN)—Pemerintah provinsi (Pemprov) Sumatera Barat (Sumbar) konsisten dengan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Dan tidak ada kelonggarkan (aturan) terhadap hal itu, termasuk membatasi orang masuk ke Sumbar

Hal itu disampaikan secara tegas oleh Wakil gubenur Sumbar, Nasrul Abit, di Padang, Senin (11/5).

Sambungnya, Meskipun pemerintah pusat telah mengizinkan penerbangan penumpang, termasuk di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) di Padang Pariaman, aturan PSBB di Sumbar tetap akan diperketat.

Diberlakukannya hal tersebut sebagai salah satu upaya untuk memutus mata rantai penyebaran Virus Corona (COVID-19) sehingga tidak berkembang.

Diketahui PSBB Jilid 2 di Sumatera Barat akan diterapkan hingga 29 Mei 2020. Orang yang akan masuk ke wilayah itu tetap dibatasi, ucap Wagub.

Perlu diingat, Alasan PSBB dilaksanakan hingga 29 Mei, karena hingga saat ini angka kasus positif COVID-19 di Sumbar masih terus mengalami peningkatan.

Hanya tiga kabupaten dan kota di Sumbar yang masih belum ditemukan kasus positif, sementara 16 daerah lainnya sudah ditemukan, ungkapnya.

Meskipun demikian, daerah kab/kota yang belum terdeteksi kasus positif COVID-19, belum tentu sepenuhnya aman. Namun kita berharap, semoga saja tiga daerah tersebut bebas dari COVID-19, harapnya.

Lebih jauh Wagub menjelaskan, Untuk itu, pengawasan di perbatasan akan diperketat, sehingga virus yang datang dari orang luar tidak masuk,” ucapnya.

Selain itu, Pemprov Sumbar juga telah mendapatkan arahan baru dari Kepala Gugus Tugas Nasional, bahwa gubernur diminta untuk kembali membentuk tim terpadu yang nantinya akan bekerja secara terpadu dengan TNI dan Polri. Tugas akan dibagi untuk jalur udara, laut, darat, kereta api dan lainnya.

Selanjutnya Gugus tugas ini akan bekerja lebih terintegrasi sehingga tidak ada lagi orang yang masuk ke Sumbar, harapnya.

 

#Red/fit

Check Also

Pembagunan Cekdam di Kec. Pauh Tuntas, Kecemasan Masyarakat Terjadinya Banjir Mulai Sirna

Padang (LN)—Dinas PUPR Padang melalui Bidang Sumber Daya Air (SDA) terus berupaya membenahi infrastruktur pengairan, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *