Home / ---- / Tahun 2018, Agam Targetkan Pengembagan Kawasan Buah Capai 65 hektar

Tahun 2018, Agam Targetkan Pengembagan Kawasan Buah Capai 65 hektar

Agam (PN)-Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat mendorong peningkatan produksi buah-buahan dengan melakukan pengembangan luas lahan dan kawasan diwilayah itu. Untuk tahun 2018, pengembangan kawasan buah ditargetkan seluas 65 hektar.

“Tahun ini, pengembangan kawasan difokuskan untuk komoditi tanaman Jeruk seluas 35 hektar dan Manggis seluas 30 hektar,” kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Agam, Ir. Afdhal, didampingi Kasi Pembenihan dan Perlindungan Holtikultura Indrawati, SE, Senin (8/1)

Ditambahkan, Afdhal, Pengembangan kawasan ini, dengan cara memberikan stimulasi berupa bantuan bibit kepada kelompok tani (poktan) diwilayah Kabupaten Agam.

Selain memberikan bantuan bibit, Dinas Pertanian juga akan melakukan pemdampingan ke Poktan berupa penyuluhan dan pemeliharaan seperti, saprodi (pupuk dan alsinta) untuk mendukung peningkatan produksi.

“Kita harapkan beberapa tahun kedepan hasil produksi buah-buahan di Kabupaten Agam mampu menguasai pasar lokal bahkan ekspor ke daerah lain,” katanya..

Untuk itu, Afdal mengajak para pelaku utama dan pelaku usaha untuk segera berbenah, agar hasil panen mampu diserap oleh pasar. Selain mempersiapkan bibit, juga pasca panenpun harus diperhatikan dengan benar.

“Ada standar yang jelas, baik saat memotong, menyeleksi kualitas dan mempersiapkan kemasan yang baik,” katanya lagi.

Di samping mendukung produksi buah, pihaknya juga membidik lahan kosong di pekarangan masyarakat melalui program ” Agam Menyemai” Program yang diramu oleh Bupati Agam Indra Catri ini membuktikan mampu mengoptimalkan potensi lahan yang ada dengan jargon”nan dilaman untuak dimakan, nan diparak baok ka pakan,” (jon/AMC)

Check Also

Sidangan Lanjutan Ismail Novendra, Saksi Ahli Dewan Pers : Wartawan Belum UKW Tetap Diakui Sebagai Wartawan

Padang (LN)—Kasus dugaan pencemaran nama baik yang dituduhkan pada Pemimpin Umum dan penanggungjawab Koran Jejak …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *