Home / ---- / Tekan Angka Kecelakaan, Dishub Sumbar Lakukan Pemeliharaan Rambu Jalan

Tekan Angka Kecelakaan, Dishub Sumbar Lakukan Pemeliharaan Rambu Jalan

Padang (LN)–Salah satu faktor penyebab terjadinya kecelakaan di jalan raya karena tidak tersedianya rambu lalu lintas (lalin).

Rambu lalin sanggat berguna sebagai pemandu atau peringatan bagi pengguna jalan raya (pengendara) untuk lebih waspada dan hati-hati.

Mengingat pentingnya hal itu, Dinas perhubungan (Dishub) Sumbar secara kontinyu dan berkesinambungan melakukan pemeliharaan/perawatann terhadap sarana perlengkapan Jalan tersebut.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) provinsi Sumbar, Heri Nofiardi saat di temui media ini dikantornya, jl. Raden Saleh, kota Padang, Senin (4/3).

Pemeliharaan/pemasangan sarana perlengkapan jalan dilakukan disetiap ruas jalan provinsi, terutama daerah rawan kecelakaan.

Rambu sebagai perlengkapan jalan menjadi memandu bagi pengendara kendaraan/pengguna jalan agar terhindar dari kecelakaan lalin, sebut Heri lagi.

Lebih jauh, ditambahkan Kepala Bidang (Kabid) Angkutan Jalan Perkeretaapian dan Pengembangan (APP), Wandri saat ditemui, Rabu (6/3).

Dikatakanya, pemeliharaan/perawatann sarana perlengkapan jalan, terdiri dari rambu,  marka, guardrail, deliniator dan taffic light.

Disampaikannya, sebelumnya pada tahun lalu (2018), Dishub Sumbar sudah melakukan pemeliharaan/perawatann sarana perlengkapan jalan di kab. Dharmasraya, Pessel dan Kab. Padang pariaman

Dan pada tahun ini, kembali dilanjutkan untuk Kab.Agam/Kab.Pdg Pariaman, Kab.50 Kota dan Kab. Solok Selatan.

Dari rambu yang sudah terpasang tersebut, diperkirakan ada sekitar 20 persen rambu yang rusak/hilang akibat ditabrak kendaraan.

Dijelaskannya, Rambu jalan termasuk dalam katagori barang pakai habis, yang memiliki umur ekonomi. Jadi apabila sudah sampai masa waktunya maka barang tersebut dianggap sudah habis.

Seperti halnya marka memiliki umur ekonomis selama 2 tahun, sedangkan rambu dan lainnya berumur ekonomis selama 5 tahun, jelasnya.

Direncanakan untuk kegiatan pemeliharaan/perawatann sarana perlengkapan jalan ini akan dilelang pada Mai 2019 mendatang.

Dan pada kesempatan itu, Wandri menghimbau agar masyarakat dapat menjaga rambu jalan yang sudah ada, demi keselamatan kita semua, harapnya.

 

#fit/ard

Check Also

Dukung Program Wako Padang Lahirkan 10.000 Wira Usaha, Dinas Perdagangan Padang Gelar Bimbingan untuk Pedagang Micro Kecil dan Eceran

Padang (LN)—Dinas Perdagangan Kota Padang memberikan Bimbingan peningkatan perdagangan mikro kecil dan eceran, Selasa (13/8) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *