Home / ---- / Ternyata “Sekretariat DPRD Tidak Punya Arsip Perda”

Ternyata “Sekretariat DPRD Tidak Punya Arsip Perda”

PADANG (LN) – Sejauh ini ternyata kinerja dari Sekretariat DPRD Padang jauh dari ekspetasi. Selain dari administrasinya yang amburadul, sekretariat di gedung bundar tersebut tidak memiliki arsip peraturan daerah (Perda) yang disahkan. Kondisi ini sangat memiriskan, padahal salah satu tugas fungsi dewan adalah regulasi. (19/4).

Ali Bahsyar Sekretaris DPRD Kota Padang mengakui tidak adanya arsip perda menurutnya sekretariat hanya mengarsipkan Perda yang disahkan dewan sepuluh tahun terakhir. “Perda yang disahkan sepuluh tahun terakhir ada di bagian risalah,” katanya

Akan tetapi yang lebih menarik ternyata pengakuan Ali Basar berbeda dengan fakta yang ada. Dari informasi yang di dapatkan , saat ini Peraturan Tata Tertib dan beracara anggota dewan tidak ditemukan di bagian risalah. Tidak ditemukannya arsip peraturan dewan tersebut terungkap ketika Badan Kehormatan (BK) meminta peraturan dewan tersebut.

Sekwan tersebut mengakui, belum memiliki tatanan kearsipan yang terstruktur dan runut melewati sepuluh tahun ke belakang. Sehingga, file-file arsip perda yang telah dibahas sebagai pokok pikiran DPRD sulit ditemui. Terlebih, untuk merampungkan satu perda, keuangan daerah harus mengucurkan anggaran hingga Rp 300 juta per perda.

Saat ini Sekretariat DPRD Padang telah mengusulkan Kasubag Kearsipan dan perpustakaan bekerja di DPRD ini. Namun realitanya, hingga saat ini belum direalisasikan. ‘’Jika sudah ada yang bertanggungjawab, tentu semua perda yang ada bisa diarsipkan,” jelasnya.

Wakil Ketua DPRD Padang, Wahyu Iramana Putra mengakui adanya kelemahan tersebut. Karena tidak adanya arsip yang lengkap terkait peraturan daerah yang telah dihasilkan. (Aad/agb)

 

Check Also

BPPW Sumbar Bersinergi dengan Pers, Dorong Percepatan Pembangunan di Sumbar

Padang (LN)—BPPW Sumbar Bersinergi dengan Pers, Dorong Percepatan Pembangunan di Sumbar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *