Home / ---- / Tidak Dapat Kepastiaan Baznas, Spontan Forjid Turun Ke Jalan Galang Dana

Tidak Dapat Kepastiaan Baznas, Spontan Forjid Turun Ke Jalan Galang Dana

Dharmasraya (LN)–Forum Jurnalis Independen Dharmasraya (FORJID) kembali melakukan aksi penggalangan dana, setelah tidak adanya kepastian dari Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Dharmasraya untuk menggantikan hutang pembayaran uang SPP salah satu calon penerima beasiswa dari program SKSS.

Sekretaris FORJID Muhammad Samin saat dikonfirmasi menceritakan kronologis kenapa aksi penggalangan dana dilakukan oleh para anggota FORJID, dimana aksi ini dilakukan secara spontan pasca FORJID menyelamatkan salah satu mahasiswa yang hampir tidak kuliah hanya karena tidak ada uang membayar pendaftaran kuliah sebesar Rp 2,5juta.
“Saat itu saya langsung menelpon ketua Baznas, dan menceritakan prihal anak yang tidak bisa bayar uang pendaftaran. Ketua Baznas meminta FORJID mencari dana talangan, dan akan dikembalikan setelah ia pulang dari Padang,”ungkap Samin sembari mengatakan saat menelpon ketua baznas sedang berada di Kota Padang.
Karna ada jaminan dari Baznas, kata Samin, FORJID akhirnya mencari talangan dana dengan meminjam uang sebesar Rp 2,5juta untuk menyelamatkan salah satu calon penerima beasiswa SKSS.
 “Kalau kita tidak tanggulangi ini, anak yang lulus di IAIN Batusangkar tidak akan kuliah. Bagaimana mau menerima program beasiswa SKSS dari Baznas,”tegasnya.
Lagian, kata Samin, FORJID berani mencari talangan dana karena ada rekomendasi dan jaminan dari ketua Baznas untuk mengembalikan talangan dana tersebut.
 “Pak Gani berjanji akan mengembalikan talangan dana yang telah dipinjam oleh FORJID,  setelah pulang dari Padang. Tapi setelah ditagih, malah meminta FORJID menunggu proses dari Baznas,”tegasnya.
Kata Samin, dana pinjaman yang telah dilakukan FORJID tentu sudah diminta yang meminjamkan dana sebab sudah tiga minggu pinjaman dilakukan.
“Karna dari Baznas belum jelas, sedangkan yang meminjamkan dana mendesak. Kami langsung turun lapangan untuk menggalang dana  mengembalikan pinjaman dana oleh FORJID untuk menyelamatkan anak calon penerima beasiswa SKSS,”jelasnya.
Ditegaskan Samin, FORJID sangat menghormati proses yang dilakukan oleh Baznas untuk profesionalitas kerja Baznas. Akan tetapi tentu juga harus memberikan pertimbangan ketika ada persoalan penanggulangan dana darurat ketika ada persoalan yang kami ceritakan diatas.
“Saya tegaskan Baznas yang menyuruh kami meminjam dana untuk talangan pembayaran uang masuk kuliah calon penerima beasiswa SKSS, dan ada jaminan pengembalian setelah ketua baznas pulang dari Padang. Tapi sampai 3 minggu ini, kami disuruh bersabar sementara kami juga didesak untuk mengembalikan uang pinjaman. Makanya kami lakukan aksi turun lapangan,”tandasnya.(jpr)

Check Also

PSBB Sumbar Diperpanjang Hingga 7 Juni 2020, Hanya Bukittinggi News Normal

Padang (LN)—Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) kembali diperpanjang oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Barat hingga 7 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *