Home / ---- / Tingkatkan Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan, DPRD Sumbar Perlu Lakukan Bimtek

Tingkatkan Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan, DPRD Sumbar Perlu Lakukan Bimtek

BUKITTINGGI (LN) – Lahirnya Peraturan Pemerintah (PP) nomor 45 tahun 2017 menuntut peran anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) meningkatkan komunikasi dengan masyarakat. PP tersebut mengisyaratkan anggota DPRD lebih giat menjaring aspirasi masyarakat untuk dijadikan sebagai bagian dari materi pada pokok-pokok pikiran DPRD.

Wakil Rektor Universitas Eka Sakti (Unes) Padang, Agus Salim menjelaskan hal itu usai membuka bimbingan teknis (Bimtek) anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat di Bukittinggi, Jumat (9/3). Menurutnya, PP tersebut mengatur tentang partisipasi masyarakat dalam pembangunan daerah yang tentunya bersinergi dengan peran DPRD dalam menampung aspirasi masyarakat.

“PP ini menguatkan peran DPRD dalam menjaring aspirasi masyarakat, sebaliknya bagi masyarakat sendiri aturan ini membuka ruang lebih luas kepada masyarakat dalam berperan aktif dalam pembangunan daerah,” jelasnya.

Dia menambahkan, selain mengenai PP nomor 45 tahun 2017, Bimtek tersebut juga mengupas Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 86 tahun 2017 tentang Tatacara Perencanaan Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan.

Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat Hendra Irwan Rahim terkait Bimtek tersebut menjelaskan bahwa materi yang diberikan sangat penting didalami oleh anggota DPRD. Penyerapan aspirasi masyarakat merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari tugas pokok dan fungsi DPRD.

“PP ini penting didalami oleh seluruh anggota DPRD sehingga penyerapan aspirasi masyarakat sebagai bagian yang tidak terpisahkan dalam pelaksanaan tugas DPRD,” jelasnya.

Sementara mengenai Permendagri nomor 84 tahun 2017 tentang Tatacara Perencanaan Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan, DPRD sebagai unsur pemerintahan daerah memiliki fungsi legislasi dan pengawasan. Tentunya akan sangat penting mendalami Permendagri ini sehingga pelaksanaan tupoksi DPRD akan lebih efektif dan efisien.

Bimtek tersebut menghadirkan beberapa orang narasumber antara lain dari Sastri Yunizar Bakri Kementerian Dalam Negeri, Dadang Solihin dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional. Selain itu, juga ada materi tambahan yang disampaikan oleh Asrinaldi, akademisi Universitas Andalas berkaitan dengan persiapan menghadapi pemilihan umum legislatif (pileg) dan pemilihan presiden (pilres) tahun 2019. *Publikasi.(dprd.sumbarprov.go.id)

Check Also

KPU Sumbar Umumkan DCT Anggota DPRD Sumbar Tahun 2019

Padang (LN)—Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sumatera Barat menetapkan dan mengumumkan daftar calon tetap (DCT) Anggota …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *