Home / ---- / Tingkatkan Produksi Ikan Air Tawar, Pemkab Agam Kembangkan Mina Padi

Tingkatkan Produksi Ikan Air Tawar, Pemkab Agam Kembangkan Mina Padi

Agam (PN)-Pemerintah Kabupaten Agam, bakal kembangkan program mina padi seluas 10 hektar, agar target produksi ikan air tawar sebanyak 60 ribu ton tahun 2018 bisa tercapai.

“Pengembangan mina padi tersebut di Kecamatan Lubuk Basung, Tanjung Raya, dan lainnya,” ujar Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan (DPKP) Agam, Ermanto di Lubuk Basung, Rabu (17/1).

Dijelaskan, pengembangan mina padi diproyeksikan untuk tiga kelompok, dan saat ini pihaknya sedang mencari kelompok tani di kecamatan tersebut. Untuk kesuksesan program itu, pihaknya juga bakal memberikan bantuan dana sebesar Rp. 20 juta untuk perbaikan lahan, membeli pakan, bibit ikan, dan lainnya, dengan dana yang bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) tahun 2018.

Lebih lanjut Ermanto menyebutkan, tahun 2017 Pemkab Agam mengembangkan mina padi seluas 55 hektare di tujuh kecamatan, dengan produksi mencapai 2,5 ton per hektar, dan produksi padinya sekitar 3,5 ton per hektar.

“Dengan mina padi, masa panen tiga hingga empat bulan satu kali penan, dan pengembangan program itu agar target produksi ikan di Agam bisa tercapai,” ujarnya.

Ditambahkan, pada tahun 2017 produksi ikan hanya 40.800 ton dari target sebanyak 65.000 ton, dampak penghentian sementara keramba jaring apung di Danau Maninjau dalam mengatasi pencemaran danau vulkanik tersebut. Selain pencapaian target produksi, mina padi juga untuk mendukung program Save Maninjau, sehingga para pembudidaya ikan jaring apung di Danau Maninjau beralih ke kolam air deras atau mina padi.

Di samping itu, untuk mendukung Save Maninjau Pemkab Agam memiliki program cetak kolam baru seluas lima hektare, membantu bibit ikan, dan lainnya.

Terobosan itu didukung anggota DPRD Agam, Jondra Marjaya, yang menyebut program tersebut strategis, selain agar target produksi ikan tercapai, dan program Save Maninjau bisa terlaksana secara faktual di tengah masyarakat. Diharapkan, dinas terkait juga memberikan teknologi berbudidaya ikan dengan baik kepada petani, agar produksi ikan, dan padi bisa meningkat. (Tam/AMC)

Check Also

Pjs. Wako Padang Bersama Kapolda Sumbar Komit Tingkatkan Sinergitas dan Netralitas Pilkada Serentak

Padang (LN)–Penjabat Sementara (Pjs) Walikota Padang, Drs. Alwis mengikuti Upacara Gabungan antara TNI, Polri dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *