Home / ---- / Tinjau Proyek Peningkatan Jl. Khatib Sulaiman, Diduga PT. SMS Tidak Mengacu “Spesivikasi Umum 2010”

Tinjau Proyek Peningkatan Jl. Khatib Sulaiman, Diduga PT. SMS Tidak Mengacu “Spesivikasi Umum 2010”

PADANG (LN)–Pelaksanaan pengerjaannya Proyek peningkatan Jalan Khatib Sulaiman, diduga tidak mengacu pada Spesivikasi Umum 2010 (Revisi 3) yang dikeluarkan Kementian PUPR RI.

Karena, PT. Statika Mitra Sarana (SMS) selaku kontraktor pelaksana terkesan setengah hati untuk menerapkan pedoman dasar pelaksanaan pekerjaan ini, sehingga terjadi keterlambatan pada pekerjaan Proyek peningkatan Jalan Khatib Sulaiman.

Dampaknya, untuk mengejar ketertinggalan progres, diduga PT. SMS nekat melakukan cara cara kotor, menilap volume pada item pekerjaan yang ada.

Proyek yang menelan dana sebesar Rp7.705.063.000 dari APBD Kota Padang TA.2018 terdiri dari sembilan item pekerjaan, diantaranya, Umum, Pekerjaan Tanah, Pekerasan Berbutir, perkerasan Aspal, Struktur, Pengembalian Kondisi dan Pekerjaan Minor dan Pekerjaan Harian.

Dari tinjauan media ini, Sabtu (7/7) tahap pekerjaan baru sampai pada penggalian tanah dan perkeras berbutir, dengan realisasi pekerjaan galian tanah, lokasi pekerjaan dari simpang DPRD Sumbar sampai ke Simpang  jalan Jhony Anwar Lapai.

Pada pekerjaan tanah galian itu, diduga kedalamannya tidak sesuai dengan spek yang ada, namun untuk menutupinya PT. SMS langsung masuk pada tahap pekerjaan berikutnya, yakni pekerjaan perkeras berbutir dengan menghampar agregat Kelas B.

Terkait dengan kondisi itu, Pelaksana lapangan PT. SMS, Toni saat dikonfirmasi, Sabtu (7/7) mengatakan, “Kondisi tanah sanggat labil sehingga tidak mungkin digali lebih dalam”.

Sedangkan Konsultan pengawas (supervisi) Cv. Jasa Reka Mandiri Consultant  (JRMC) hingga saat ini masih belum dapat ditemui.

Seperti diketahui, sebelumnya jalan Khatib Sulaiman hanya ada dua jalur, namun kedepan akan dijadikan tiga jalur, dengan cara membongkar taman hijau kota yang ada. Pembongkaran dimulai dari Simpang Telkom sampai simpang DPRD Sumbar. Dilakukannya hal itu bertujuan untuk mengatasi permasalahan macet yang terjadi selama ini.

Guna mendapatkan informasi yang lebih jelas terkait pelaksanaan pekerjaan proyek Peningkatan jl. Khatib sulaiman, maka media ini masih berupaya untuk mengumpulkan data, informasi serta melakukan konfirmasi kepada pihak terkait lainnya.

Tunggu berita selanjutnya.

#Fit

Check Also

Satker SNVT PNP Sumbar Bangun Rusun Mahasiswa, PT. Robinson Komit Tuntaskan Sesuai Jadwal

Padang (LN)—Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI terus mendorong pembangunan rumah susun sewa …

One comment

  1. Kontraktor besar gak mungkin kerja asal asalan apalagi ditengah kota yang selalu diawasi masyarakat.apalagi di jalan khatib sulaiman itu dulunya rawa..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *