Home / ---- / 98 Ribu Siswa SMP se – Sumatera Barat Siap Hadapi UN

98 Ribu Siswa SMP se – Sumatera Barat Siap Hadapi UN

PADANG (LN)— Ujian Nasional (UN) tingkat Sekolah Lanjutan Pertama (SLTP) tahun 2016 di Sumatera Barat akan diikuti oleh lebih dari 98 ribu siswa. UN SLTP akan berlangsung tanggal 9 sampai 12 Mei mendatang dan untuk UN berbasis komputer (UNBK) akan dilangsungkan di enam sekolah.

Ketua Pelaksana UN SLTP Provinsi Sumatera Barat Nasmeri menjelaskan, saat ini berbagai persiapan dalam rangka pelaksanaan UN SLTP tengah dilaksanakan. Soal UN dan Lembaran Jawaban Kertas (LJK) saat ini sudah berada di titik simpan di Provinsi. Peserta UN SLTP tersebut antara lain terdiri dari 94 ribu siswa SMP/MTs dan 3.094 peserta Ujian Kelompok Belajar (Kejar) Paket B.

“Sejauh ini tidak ada kendala dan pihak panitia terus menggencarkan sosialisasi. Soal UN sudah di titik simpan provinsi,” kata Nasmeri, Jumat (15/4).

Untuk distribusi soal ke kabupaten, katanya, akan dilakukan pada 4 Mei 2016 kecuali Kepulauan Mentawai. Untuk Mentawai akan didistribusikan lebih awal yaitu pada 2 Mei. Pihaknya berupaya semaksimal mungkin agar tiidak ada kendala yang tidak diingikan.

“Apalagi untuk UN Berbasis komputer, hal yang perlu mendapat perhatian adalah masalah listrik dan kelancaran jaringan internet,” ujarnya.

Untuk kriteria, Nasmeri menjelaskan tidak berbeda dengan tahun lalu. Pihak sekolah menjadi penentu kelulusan siswa melalui rapat dewan guru. Setiap sekolah diwajibkan menyusun kriteria kelulusan melalui Surat keputusan (SK) kepala sekolah. Kriteria kelulusan harus bersandar pada tiga kriteria yang diwajibkan, yakni mengikuti semua program pendidikan, prilaku dan lulus ujian sekolah.

Dia berharap, pihak sekolah jangan meluluskan siswa yang tidak memiliki kapasitas. Dia meminta pihak sekolah atau pihak terkait lainnya untuk tidak melakukan tindakan kecurangan. Semua pihak diminta untuk melaksanakan tahapan penyelenggaran sesuai aturan yang berlaku. (baim/*).

Check Also

PSBB Sumbar Diperpanjang Hingga 7 Juni 2020, Hanya Bukittinggi News Normal

Padang (LN)—Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) kembali diperpanjang oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Barat hingga 7 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *