Home / ---- / “UU Lex Spesialis” Penanggulangan Bencana Perlu Disosialisasikan, Samakan Persepsi dengan Pihak Yudikatif

“UU Lex Spesialis” Penanggulangan Bencana Perlu Disosialisasikan, Samakan Persepsi dengan Pihak Yudikatif

Padang (LN)–Sebagaimana ketentuan pasal 2 Ayat (1) dan Pasal 3 UU NO. 31 TAHUN 1999 jo. UU NO.20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsia harus memenuhi beberapa unsur diantaranya memperkaya diri sendiri/kelompok, penyalahgunaan wewenang/jabatan dan merugikan keuangan negara.

Berdasarkan unsur unsur tersebut, barulah pihak kejaksaan menetapkan perkara itu masuk sebagai kasus tindak pidana korupsi.

Hal iti disampaikan Kajati Sumbar diwakili Kordinator bidang tindak pidana khusus, Basril. G didepan puluhan peserta Rapat Koordinasi (Rakor) Tindak Lanjut Pelaksanaan Rehabilitasi dan Rekontruksi Daerah Pasca Bencana Provinsi Sumatera Barat, Jumat (6/12) di Padang.

Apabila ada salah satu unsur yang tidak terpenuhi, maka perkara itu belum dapat diproses.

Pada intinya, kejaksaan tidak mau sembarang dalam menetapkan Kasus tindak pidana korupsi, ucapnya.

Sementara itu, Kalaksa BPBD Sumbar Eman Rahman pada kesempatan itu berpesan, Dalam penggunaan anggaran perlu lebih hati-hati dan teliti. Jangan sampai menimbulkan permasalah hukum kedepannya.

Setelah pemberian materi dari Nara sunber yang disampaiakan Kordinator bidang tindak pidana khusus Kajati Sumbar Basril. G, laku acara dilanjutkan dengan season diskusii dan tanya jawab.

Dalam penanggulangan bencana, perlu dilakukannya sosialisasi secara inten dengan pihak yudikatif (penegak hukum) guna menyamakan persepsi karena dalam penaggulangan bencana ada “UU Lex spesialis” (UU khusus), saran salah seorang peserta.

#fit

Check Also

Menelisik Proyek Peningkatan Jalan Paket-1 Kab. Pasbar, Terindikasi PT. ABA “Mainkan” Kepadatan Asphal

PASBAR (LN)—Paket Peningkatan Jalan Paket.1 kab. Pasaman barat (Pasbar) terindikasi dikerjakan asaljadi. Diprediksi, jalan yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *