Home / ---- / Wabup Agam Trinda Farhan Satria: Minta Wali Nagari Bentuk Keltan Budidaya Salak

Wabup Agam Trinda Farhan Satria: Minta Wali Nagari Bentuk Keltan Budidaya Salak

Agam (PN)-Wakil Bupati Agam Trinda Farhan Satria, meminta kepada para wali nagari untuk membentuk kelompok tani budidaya salak pondoh di nagarinya.

Hal itu mengingat struktur kondisi tanah dan geografis Kabupaten Agam yang mendukung untuk budidaya salak pondoh.

Menariknya, di Kabupaten Dharmasraya sendiri, cara budidaya salak pondoh tidak hanya dibuat di areal perkebunan, tapi cukup diperkarangan rumah sendiri.

“Budidaya salah pondoh di Dharmasraya, cukup dengan memanfaatkan lahan kosong yang berada diperkarangan rumah, sehingga dengan begitu akan menambah pendapatan ekonomi rumah tangga,” kata Wakil Bupati Agam Trinda Farhan Satria, saat berkunjung ke Dharmasraya dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Dharmasraya ke-14 tahun 2018, Minggu (7/1).

Diharapkan juga masyarakat untuk mencoba budidaya salak pondoh di lingkungan perkarangan rumah,” ujar Wakil Bupati Trinda Farhan.

Wabup menjelaskan, kunjungannya tersebut juga sebagai bentuk implementasi dari program Agam Menyemai sekaligus penyempurnaan Agam Menyemai, nan dilaman untuk dimakan, nan diparak baok ka pakan.

Apabila dibandingkan dengan kondisi geografis dan cuaca Kabupaten Agam, juga cocok untuk berbudidaya salak pondoh. Seperti di daerah Kecamatan Palembayan, Malalak dan Maninjau juga cocok.

Seperti pengakuan H. Sukri, salah seorang pembudidaya Salak Pondoh. Ia menyebutkan setiap harinya Ia bisa memanen 10-20 kilo perhari dengan harga jual kebun Rp10.000 per kilogram.

Ia menyebutkan, cara penanaman buah salak tidak terlalu sulit dan sangat cocok ditanam dengan kondisi cuaca di Sumbar, seperti tanah tebing ataupun pasir tidak masalah,” katanya.

Disela kunjungan itu, wabup berasama rombongan melakukan kunjungannke petani Budidaya Durian montong.

Malamnya, Bupati dan Wakil Bupati Agam, Indra Catri-Trinda Farhan Satria mengikuti malam resepsi HUT Kabupaten Solok Selatan ke-14 tahun 2018. (IF/AMC).

Check Also

Pjs. Wako Padang Bersama Kapolda Sumbar Komit Tingkatkan Sinergitas dan Netralitas Pilkada Serentak

Padang (LN)–Penjabat Sementara (Pjs) Walikota Padang, Drs. Alwis mengikuti Upacara Gabungan antara TNI, Polri dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *