Home / ---- / Walikota Padang Berikan Apresiasi, IPSI Berhasil Lestarikan Olahraga Beladiri Tradisional Warisan Nenek Moyang Bangsa

Walikota Padang Berikan Apresiasi, IPSI Berhasil Lestarikan Olahraga Beladiri Tradisional Warisan Nenek Moyang Bangsa

PADANG (LN)- Pengurus Cabang (Pengcab) Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kota Padang diapresiasi Walikota Padang, H. Mahyeldi Ansharullah Dt Marajo. IPSI Kota Padang dianggap berhasil melestarikan olahraga beladiri tradisional warisan nenek moyang bangsa Indonesia.

Pada pembukaan Galanggang Silih Baganti (GSB) yang digelar IPSI Kota Padang, Senin (17/10), di GOR PT Semen Padang, Mahyeldi Ansharullah menyampaikan apresiasi tersebut.

“Saya mengapresiasi kepengurusan IPSI Kota Padang yang berusaha keras dan berhasil melestarikan silat di Kota Padang,” tuturnya.

Menurutnya, Pengcab IPSI Kota Padang dianggap telah berhasil melestarikan olahraga beladiri di “rumah” sendiri. IPSI telah mampu berperan dalam membantu tugas pemerintah kota dalam melestarikan seni budaya.

Mahyeldi menilai saat ini silat kembali menjadi olahraga yang disenangi dan dipelajari generasi muda Kota Padang. Buktinya, seni beladiri cukup menggeliat di tengah masyarakat. Generasi muda berkeinginan mendalami olahraga tersebut. Bahkan juga warga negara asing justru ingin mempelajarinya.

“Kami tentu sangat mendukung program ini dan terus mensuport kegiatan-kegiatan yang bersifat positif yang dilaksanakan IPSI Padang, salah satunya GSB ini,” ungkap Mahyeldi.

Sementara, Ketua IPSI Kota Padang Zulhardi Z Latif mengatakan, kegiatan GSB merupakan bagian dari rangkaian Festival Pencak Silat Internasional yang dilaksanakan IPSI Kota Padang yang bekerjasama dengan Pemerintah Kota Padang.

“Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini tentu saja dalam rangka pelestarian silat tradisi itu tadi. Dan pada kegiatan GSB ini hampir semua sasaran (perguruan) silat yang ada di Kota Padang ambil bagian, ” katanya.

Sedangkan pada Festival Pencak Silat Internasional, akan diikuti para pendekar dari dalam dan luar negeri. Kegiatan ini akan dibuka Ketua Umum PB IPSI, Prabowo Subianto.

“Untuk peserta dari luar negeri yang sudah mendaftarkan timnya, antara lain yakni Jepang, Singapura, Malaysia, Klantan, Korea, Madagaskar, Timor Leste, Lithuania, Fiji, Polandia, dan Italia,” jelasnya.

Pembukaan GSB dimeriahkan oleh penampilan Grup Palito Nyalo berkolaborasi dengan Sasaran Silat Alang Bangkeh. Selain itu, juga dilaksanakan makan bajamba ala Minangkabau. Nampak hadir menyaksikan pada kesempatan itu diantaranya Kadispora Kota Padang Suardi Junir, Kabid Pemuda Dispora Syafwan, Camat Lubuk Kilangan Yalmasril, unsur Forkopimka Lubuk Kilangan dan ratusan hadirin lainnya.(Charlie)

Check Also

Atur Pengadaan Bagi bagi Proyek di Kab. Kutai, Bupati dan Kadis PUPR Kena OTT KPK

Jakarta (LN)–Komisi Pemberantasan Korupsi melakukan penahanan terhadap enam tersangka dalam kegiatan tangkap tangan di Kabupaten …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *