Home / ---- / Waspada, Balai POM Padang Temukan Obat Tradisional Berbahaya

Waspada, Balai POM Padang Temukan Obat Tradisional Berbahaya

PADANG (LN)–Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BB POM) Padang mengimbau masyarakat untuk waspada terhadap obat tradisional atau jamu yang mengandung bahan berbahaya dan tidak layak konsumsi.

Karena, Balai Besar POM Padang menukan beberapa jenis jamu yang mengandung bahan kimia berbahaya. Tercatat ada sepuluh jenis jamu berbahaya beredar dan apabila dikosumsi dapat menggangu kesehatan terutama jantung masyarakat, ungkap Kepala Balai Besar POM Kota Padang Zulkifli, di depan wartawan Senin (30/1) di Padang.

Sambungnya, selain jenis jamu berbahaya tersebut, ada juga beberapa jenis makan dan minuman yang tidak  mengantongi izin edar.

Untuk tahun 2016 ini, Balai Besar POM Padang ditargetkan sembilan kasus, namun semuanya sudah terealisasi dan mendapatkan penindakan hukum.

Supaya peredaran obat, makanan dan kosmetik berbahaya dapat ditekan, pihaknya sudah melakukan berbagai upaya dengan melakukan sosialisasi ke tengah masyarakat dengan menggandeng pihak terkait lainnya seperti pemerintah kab/kota serta membentuk fasilitator, sampai Zulkifli.

Yang terpenting, sebelum mengkosumsi atau menggunakan makanan, obat dan kosmetik, sebaiknya masyarakat meneliti kandungan yang ada didalamnya, atau bisa menggunakan aplikasi android BPOM untuk memastikan apakah barang tersebut terdaftar, ingatnya. (f)

Check Also

BPPW Sumbar Bersinergi dengan Pers, Dorong Percepatan Pembangunan di Sumbar

Padang (LN)—BPPW Sumbar Bersinergi dengan Pers, Dorong Percepatan Pembangunan di Sumbar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *