Home / ---- / Wawako Jelaskan Pelayanan Publik Di Lubeg

Wawako Jelaskan Pelayanan Publik Di Lubeg

PADANG—Di Kota Padang setelah Kecamatan Padang Timur, Lubuak Begalung (Lubeg) adalah kecamatan ketiga dikunjungi Wakil Walikota Padang Ir.H.Emzalmi, MS.i memberikan arahan dalam rangka pelayanan publik serta memotivasi dan peningkatan kinerja ASN. Kegiatan arahan dari pemimpin kota tercinta ini dilaksanakan di aula Kecamatan Lubeg, diikuti 15 Lurah, para staf, kepala UPTD Pendidikan dan Kepala Sekolah, Selasa (14/2).

Wakil Walikota Padang Ir.H. Emzalmi memberikan motivasi, pencerahan dalam rangka peningkatan kinerja ASN, sebagai pelayan dari kepentingan publik. Kenapa hal ini penting, karena tuntutan masyarakat terhadap berbagai kebutuhan semakin tinggi.

Dan Pemko Padang telah berupaya mengakomodir dari berbagai kebutuhan masyarakat, paling tidak program lima tahun ini yang telah dimulai semenjak tahun 2014 lalu hingga 2019 mendatang, kesemua itu tertuang dalam RPJMD yang dikenal dengan 10 Program Unggulan (Progul).

Selain itu sambungnya, juga yang berkaitan dengan pembangunan infrastruktur, pembangunan dibidang ekonomi kerakyatan, Sosial kemasyarakatan dan budaya. Dan yang tak kalah penting adalah pelayanan dibidang publik.

Wawako H. Emzalmi juga menjelaskan bahwa dalam 10 Progul itu hanya empat kelompoknya, pertama infrastruktur fisik dan lingkungan, kedua budaya dan sosial kemasyarakatan,ketiga ekonomi kerakyatan, termasuk investasinya. Ke empat adalah pelayanan publik. Kemudian juga telah direalisasikan program dan kegiatan betonisasi jalan lingkungan, keagamaan, dibidang sosial budaya dan kemasyarakatan, termasuk penggulangan kemiskinan, pengangguran, mendorong swadaya masyarakat, peran serta dunia usaha, pengembangan dunia pariwisata, pendidikan dan kesehatan.

Kemudian ada inovasi terhadap upaya memberikan kepuasan kepada masyarakat. Dan prilaku serta sikap mental, apakah “lamak dek awak katuju dek urang, tau raso jo pareso, tagang bajelo kandua badantiang, manuruik alua patuik jo mungkin, indak patuik dialua. Alua itu garis (aturan/perda) patuik jo mungkin itu adalah pertimbangan”. Sepanjang semua itu telah menurut aturan, kemudian dipertimbangan kebijakan yang didasari aturan yang jelas, maka tanyalah pada hati nurani. Apakah yang dilakukan sudah sesuai dengan kata hati nurani. Kalau kata hati sudah benar, itulah yang benar, sebut Emzalmi.

Maka kita harus mentaati peraturan yang ada, jangan lagi lakukan pungli, korupsi, penyalahgunaan jabatan dan wewenang. Jauhi peraturan yang melanggar aturan . Dan jadikan hal ini persepsi yang sama di Kecamatan Lubeg hingga pada 15 kelurahannya.
Masalah pelayanan publik, tak perlu lagi dibahas, karena telah dilakukan ASN di lingkungan Kecamatan Lubeg, jika masih terasa kurang baik diperbaiki sehingga dirasakan masyarakat kesenangan pelayanan yang disuguhkan kepada mereka. Kini yang perlu disampaikan dan diulangi kembali tentang strategi pimpinan dalam perbaikan kinerja pelayanan publik. Sebenarnya semua ASN, paling tidak memiliki potensi pimpinan, hanya tidak dikembangkan.

Sebenarnya, kata Wawako H. Emzalmi kepemimpinan adalah faktor penentu utama untuk mempertahankan hasil kinerja organisasi yang unggul.Memfokuskan organisasi ke arah pemberian kepuasan publik/pelanggan. Dan menerapkan konsep kepemimpinan strategis untuk memperkuat kinerja, serta bisa melahirkan peyanan yang baik dirtasakan masyarakat.

Sedangkan kunci peningkatan kualitas pelayanan (hospitality) itu memiliki pengetahuan, kebanggaan, kemampuan, penampilan, komitmen dan usaha keras. Pelayanan publik dalam pemerintahan yang baik harus memenuhi standarisasi kualitasnya. Pelayanan publik harus berfungsi untuk mengurangi (bahkan menghilangkan) kesenjangan, dan menemui sasarannya. Dan pelayanan yang diberikan juga harus mendekatkan birokrasi dengan masyarakat.

Sedangkan Camat Lubeg Rosail Akhyar menyampaikan, bahwa kecamatan yang dipimpinnya, memiliki luas wilayahsekitar 30,91 km 2 terdiri dari 15 kelurahan, Gurun Laweh/lawas, Lubuk Begalung, Banuaran, Tanjung Aur/tanjuang Aua, Batang Taba Nan Xx, Parak Laweh Pulau Air Nan Xx, Pitameh Tanjung Saba Nan Xx, Tanah Sirah Piai Nan Xx, Cengkeh/cangkeh Nan Xx, Kampung Baru Nan Xx, Kampung Jua Nan Xx, Pagambiran Ampulu (pangambiran Ampalu) Nan Xx, Gates Nan Xx, Koto Baru, Pampangan Nan Xx. Untuk diharapkan kepada seluruh ASN dapat mengikuti dengan abaik arahan dari Wakil Walikota Padang H. Emzalmi. Jika kurang faham dan belum mengerti bisa ditanyakan dalam pertemuan ini.-*-Irwan/Bustam/Faisal.

Teks Foto: Wakil Walikota Padang Ir.H. Emzalmi,m MS.i memberikan arahan dalam rangka pelayanan publik serta memotivasi dan peningkatan kinerja ASN di lingkungan Kecamatan Lubuak Begalung, Selasa (14/2)-*- Irwan Rais

Check Also

Ketua DPR Minta Polri Tindak Tegas Akun Penyebar Hoaks

JAKARTA.LN- – Ketua DPR Bambang Soesatyo meminta Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dan Badan Pengawas …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *