Home / ---- / Wawako Padang Buka Rakor Kerukunan Umat Beragama, “Hidup Rukun Dalam Perbedaan”

Wawako Padang Buka Rakor Kerukunan Umat Beragama, “Hidup Rukun Dalam Perbedaan”

PADANG (LN)–Wakil Walikota Padang H.Emzalmi membuka secara resmi Rapat Koordinasi Kerukunan Umat Beragama dengan tema “Hidup Rukun Dalam Perbedaan”, bertempat di Hotel Grand Inna Muara Padang, Kamis, 24 Agustus 2017.

Kegiatan tersebut merupakan kerjasama Kementrian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia dengan Pimpinan Cabang Nahdatul Ulama (PCNU) Kota Padang.

Wakil Walikota Padang H. Emzalmi Zaini mengatakan, tujuan diadakanya kegiatan ini adalah bagaimana mengevaluasi terhadap berbagai kegiatan-kegiatan forum selama ini yang telah dilakukan untuk melihat apakah kehidupan kerukunan umat beragama di Kota Padang khususnya, berjalan dengan baik, sudah kondusif, serasi, saling menghargai.

“Persoalan-persoalan yang bisa dibahas jika dikaitkan dengan tujuan apa sesunggguhnya makna kehidupan atau kerukunan umat beragama itu, tentu sangat relevan apabila kita lihat perkembangan-perkembangan terhadap kondisi sekarang,” ujarnya.

“Bisa saja kerukunan umat beragama itu terjadi hal-hal yang menimbulkan atau rusaknya kerukunan antar umat beragama, itu mungkin karena hubungan antar Pemerintah. Kita berharap melalui kegiatan ini, agar bisa tercipta kondisi yang kondusif di Kota Padang ini,” cakapnya.

Apatah lagi, kata Wawako, di Minangkabau ini, kearifan lokal sangat membantu kehidupan antar umat beragama.

“Tau raso Jo pareso, tau kato di nan ampek, lamak dek awak katuju dek urang, raso dibaok naik pareso dibaok turun dan dima bumi dipijak disitu langiik dijunjung,” ulasnya.

Rapat kali ini tidak saja untuk kepentingan internal dari Forum Komunikasi Nahdatul Ulama (FKNU) tapi juga sebaliknya bisa memberikan masukan-masukan kepada pemerintah, karena peran pemerintah sangat strategis. Hal ini menjadi kewajiban pemerintah dalam menjaga kehidupan kerukunan umat beragama mudah-mudahan sangat bermanfaat untuk melihat kedepan dan saat ini.

Sementara itu menurut ketua Pimpinan Cabang Nahdatul Ulama (PCNU) Kota Padang Yultel Hadi mengatakan, dengan adanya rapat koordinasi ini, akan melahirkan sebuah pemikiran, pemasukan untuk Pemerintah Kota Padang.

“Alhamdulillah ini sebuah bukti bahwa di Kota Padang itu daerahnya aman tentram, hidup rukun, hidup nyaman. Kita buktikan kepada orang pusat dan kita perlihatkan keanekaragaman kita hidup di Kota Padang ini,” ungkapnya.

Menurutnya, NU Kota Padang menjadi pelaksana kegiatan, mengundang seluruh unsur mudah-mudahan ini bermanfaat untuk semua pengambil kebijakan dan memberi masukan kepada Pemerintah Kota Padang.

(Nanda)

 

Check Also

Pjs. Wako Padang Bersama Kapolda Sumbar Komit Tingkatkan Sinergitas dan Netralitas Pilkada Serentak

Padang (LN)–Penjabat Sementara (Pjs) Walikota Padang, Drs. Alwis mengikuti Upacara Gabungan antara TNI, Polri dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *