Home / ---- / Menaker RI Hanif Dakiri Berikan Kuliah Umum Di Kampus UNP

Menaker RI Hanif Dakiri Berikan Kuliah Umum Di Kampus UNP

PADANG (LN)— Universitas Negeri Padang (UNP) sebagai salah satu perguruan tinggi di Indonesia, harus mampu menghasilkan lulusan yang punya daya saing disesuaikan dengan kondisi pasar kerja. Mengingat  perekonomian dunia yang mulai bergeser,  dari ekonomi industria menuju ekonomi pengetahuan kreatif.

Hal itu disampaikan Menteri Ketenagakerjaan RI M. Hanif Dhakiri ketika memberikan kuliah umum di Kampus Fakultas Bahasa dan Seni, UNP, Sabtu (8/10) di Padang-Sumatera Barat.

Lebih jauh Hanif menjelaskan, Agar bisa menelorkan lulusan berkualitas dan memeiliki daya saing, maka diperlukan tiga syarat utama.

Pertama, perguruan tinggi harus mengembangkan riset inovasi yang kuat terutama di bidang ilmu terapan. Dan hasil riset sama sekali jangan hanya sebagai bahan untuk dimuat di jurnal-jurnal ilmiah.

Kedua, sebutnya, perkuat pendidikan vokasi di perguruan tinggi yang menghasilkan lulusan punya skill dan punya daya saing.

Dan ketiga, perguruan tinggi hendaknya menggandeng dunia industri serta bersama pemerintah membahas kebutuhan tenaga kerja di pasar kerja yang sudah punya saing global ini.

Untuk itu, tambah Menteri Hanif, mahasiswa hendaknya rajin belajar, perkuat daya saing dan minati ilmu yang dipilih dengan sungguh-sunggu dan sekreatif mungkin. Karena dunia kerja saat ini membutuhkan karakter dan kompetensi/keahlian.

Dalam kesempatan yang sama, Rektor UNP Prof. Ganefri, Ph.D menyebutkan, UNP saat ini sedang mengembangkan pola pendidikan dengan berbagai sertifikasi profesi dan kompetensi sesuai dengan bidang keahlian dan kebutuhan pasar kerja.

“Untuk hal ini, Fakultas Teknik menjadi pusat uji sertifikasi dan kompetensi keahlian di UNP,” katanya dalam kuliah umum ini juga dihadiri Gubernur Sumbar Irwan Prayitno beserta istri dan civitas akademika UNP. (*)

Check Also

Sebanyak 18.351 Kelurga PKH Akan Terima Bantuan Beras

Padang—Pemko Padang menyiapkan bantuan sosial yang akan diberikan bagi terdampak PPKM Darurat yang diberlakukan 12 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *