Home / ---- / Afrizal : Pangkas Pohon Pelindung untuk Hindari Resiko

Afrizal : Pangkas Pohon Pelindung untuk Hindari Resiko

PADANG (LN)— Keberadaan pohon pelindung di sepanjang jalan-jalan raya di Kota Padang memiliki manfaat yang sanggat banyak. Selain untuk penghijauan kota namun juga untuk menurunkan suhu udara, meresap air hujan, menjamin persediaan air tanah, mencegah terjadinya erosi Perlindungan terhadap angin, debu, sinar matahari, bunyi dan lain-lain.

Mengingat pentingnya hal tersebut, Dinas Kebersihan dan Pertamana (DKP) Kota Padang selalu berupaya menjaga kelestarian pohon pelindung dengan melakukan pemeliharaan pohon pelindung yang ada.

Kepala Dinas Kebersihan dan Pertmanan (DKP) Kota Padang, Afrizal Khaidir, saat ditemui media ini mengatakan “Pemeliharaan pohon pelindung ini ada beberapa cara, diantaranya dengan melakukan pemangkasan terhadapa pohon pelindung tersebut.

Pemangkasan mempunyai tiga tujuan yakni untuk Keamanan, agar cabang yang sudah lemah (mati) tidak jatuh menimpa properti dan jiwa yang ada dibawahnya ketika angin dan hujan datang.

Kesehatan, Mahkota yang terlalu rapat menimbulkan tumbuhnya jamur, penyakit dan serangga yang tidak diharapkan.  Serta estetika, mempertahankan bentuk yang lebih cantik dan sempurna”.

Selain melakukan pemeliharaan terhadap pohon pelindung, pada tahun ini DKP Padang juga sudah mengalokasikan dana untuk penambahan pohon pelindung melalui dana APBD Kota Padang TA. 2016 ini. (LN)

Check Also

Politik Nawacita Jokowi, Gotong Royong Politik

Penulis : Muhammad Rafik Perkasa Alam Ketua Umum DPP Aliansi Masyarakat Untuk Nawacita (ALMAUN) Memasuki …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *