Home / ---- / Aroma Busuk Proyek Pembangunan Lanjutan Gd. ATR BPN Sumbar, Terindikasi CV. YULINDO JAYA MANDIRI “Mainkan Spek”

Aroma Busuk Proyek Pembangunan Lanjutan Gd. ATR BPN Sumbar, Terindikasi CV. YULINDO JAYA MANDIRI “Mainkan Spek”

Padang (LN)—Pembangunan lanjutan gedung Kanwil ATR BPN Sumbar, dengan alokasi dana sebesar Rp8,826 milyar dari APBN TA.2019, terindikasi dikerjakan tidak sesuai spek yang ada dalam dokumen RAB. Yang mana “Spek material dimainkan” diganti dengan kwalitas bawah/rendah.

Anehnya, prilaku curang tersebut dibiarkan, seakan mendapat restu dari konsultan pengawas.

Kuat dugaan, telah terjadi konspirasi kotor untuk menggerogoti uang rakyat melalui proyek pembangunan lanjutan Kanwil ATR BPN Sumbar ini.

Seperti yang diketahui, pembangunan lanjutan gedung Kanwil ATR BPN Sumbar dikerjakan CV. YULINDO JAYA MANDIRI (YJM) beralamat di jl. Mahmud Marzuki Dewan Kumantan Kampar, Riau.

Sedangkan konsultan pengawas diserahkan kepada PT. Nusantara Citra Konsultan (NCK).

Berdasarkan tinjauan tim ke lokasi pekerjaan, Senin (23/9) ditemukan beberapa pekerjaan yang diduga tidak sesuai dengan spek yang sudah ditetapkan .

Sebagaimana terlihat, pemasangan pada item pekerjaan elektrikal titik instalasi pemasangan penerangan, diduga  ukuran dan jenis kabel yang digunakan tidak sesuai dengan spek yang ada dalam dokumen RAB.

Yang mana, pada RAB untuk item pekerjaan elektrikal pada titik pemasangan instalasi penerangan (saklar dan lampu) menetapkan spek kabel jenis NYM (isi 3 tunggal) ukuran 3 x 2,5 mm2.

Sedangkan yang ditemukan terpasang, jenis kabel NYMHY (serabut) ukuran 3 x 1,5 mm2.

Pada hal, pemakaian kabel jenis NYMHY (Dalam RAB) hanya digunakan untuk pekerjaan tata suara (instalasi speker) dengan ukuran 2 x 1,5mm2.

Dengan digantinya kabel tersebut, maka terjadi selisih harga hingga puluhan juta rupiah.

Sementara itu, Dodi selaku Project Manager (PM) dari CV. YULINDO JAYA MANDIRI (YJM) ketika dikonfirmasi, Rabu (25/9) melalui whatsap ke nomor 081277728xxx tidak menjawab meskipun sudah dibacanya.

Hingga berita ditayangkan, media ini masih menunggu penjelasan dari CV. YULINDO JAYA MANDIRI (YJM) dan Kanwil ATR BPN Sumbar.

Tunggu berita selanjutnya.

 

#Tim

Check Also

Hadapi Pasar Global, Dinas Perdagangan Dorong Pelaku Usaha Tingkatkan Kwalitas Produk

Padang (LN)–Dinas perdagangan kota padang tidak henti hentinya mendorong meningkatkan potensi pelaku usaha. Agar bisa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *