Home / ---- / Bangunan Mesjid Raya Sumbar Unik dan Tinggi Nilai Seni, Pengerjaan Butuh Ketelitian

Bangunan Mesjid Raya Sumbar Unik dan Tinggi Nilai Seni, Pengerjaan Butuh Ketelitian

syahril binsosPADANG (LN)—Pembangunan Mesjid Raya Sumatera barat (Sumbar) tahap VII tahun 2016 kembali dilanjutkan.

Pelaksanaan pembangunan pada kali ini beriringan dengan masuknya bulan suci Ramadhan 1437 Hijriah.

Meskipun demikian, pelaksanaan pembangunan mesjid tetap berjalan sebagaimana mestinya, karena bulan puasa bukanlah menjadi faktor penghambat untuk menyelesaikan pekerjaan pembangunan mesjid raya yang menjadi icon sumbar ini.

Pada saat ini, pembangunan difokuskan pada pekerjaan finishing lantai. I serta penyelesaiaan kulit luar mesjid (Pasat).

Dengan dilakukannya pekerjaan tersebut, maka semua aktifitas beribadah yang ada di lantai I  hingga 30 Oktober 2016 belum bisa dilakukan.

Sementara aktivitas ibadah di lantai. II dipindahkan ke lantai dasar, karena lantai II akan dikerjakan untuk lanjutan pembangunan,” sampai Kepala Biro Bina Sosial Setdaprov Sumbar, Syahril. B, kepada media Senin (6/6) di ruang kerjanya.

Disampaikannya, Mesjid Raya Sumbar merupakan icon wisata religius Sumatera Barat (Sumbar). Yangmana menurut perencanaannya, penyelesaiaan pembangunan menelan dana sebesar Rp127 milyar.

Dan pada tahun 2016 ini, anggaran untuk pembangunan mesjid Raya sudah teralokasikan sebesar Rp71,5 milyar, terdiri dari Rp38 miliar dari APBD Sumbar, Rp22,5 miliar bantuan keuangan provinsi lain dan Rp11 miliar dari APBN. Dengan total keseluruhannya, kondisi bangunan mesjid Raya Sumbar sudah mencapai 65 persen.

Pengerjaan pembangunan Mgunariantoesjid Raya Sumbar Tahap VII dari APBD Sumbar dikerjakan oleh perusahaan PT. Marlanco dari Jakarta, dengan pagu dana sebesar Rp33.781.620.000, masa pengerjaan selama 180 hari kalender terhitung sejak 4 Mai 2016 hingga 30 Oktober 2016, sedangkan konsultan pengawas CV. Restu Graha Cipta.

Sementara dana dari Kementerian Pekerjaan Umum (PU) Rp11 miliar digunakan untuk pembuatan landscape halaman depan, jelas Syahril

mrsSebagai perusahaan yang profesional dibidangnya, PT. MARLANCO selaku kontraktor pemenang optimis bisa menyelesaian pembangunan Mesjid Raya Sumbar sesuai jadwal diberikan, 180 hari kalender atau sampai batas tanggal 30 Oktober 2016 mendatang.

Pekerjaan pembangunan yang sudah dimulainya sejak 4 Mai 2016, dan secara berangsur menampakan kemajuan pekerjaan. Bahkan pada pada minggu ke-5 progres pekerjaan melebihi dari target schedule yang semestinya, ungkap Quality Control (QC) PT. Marlanco, Gunarianto kepada media ini.

mesjid rayaDalam upaya mempertahankan stabilitas kerja, maka selama ramadhan PT. Marlanco sudah menyiapkan beberapa strategi agar pekerjaan tetap berjalan sebagaimana mestinya, diantaranya dengan memulai pekerjaan lebih awal.

Disampaikan Gunarianto, Dalam mengerjakan pembangunan Mesjid Raya Sumbar dibutuhkan ketelitian dan hati-hati karena bentuk  arsitekturnya unik alias berbeda dengan bangunan biasanya, seperti ukiran dan ornamennya memiliki tingkat seni yang tinggi, tutur Gunarianto. (*)

Check Also

Dandim 0312/Padang Tanam pohon di Pesantren Modern Terpadu Prof. Dr. Hamka By pass Padang.

Padang (LN)–Kodim 0312/Padang. Menanam pohon itu mudah, yang sulit adalah bagaimana kita menjaga dan merawatnya. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *