Home / ---- / DKP Dharmasraya Berikan Pinjaman Excavator Gratis, Support “Keltan” Cetak Kolam Ikan Baru

DKP Dharmasraya Berikan Pinjaman Excavator Gratis, Support “Keltan” Cetak Kolam Ikan Baru

DHARMASRAYA (LN)–Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Dharmasraya pada tahun 2017 menargetkan mencetak sebanyak 2 hektare (Ha) kolam ikan baru bagi masyarakat, guna meningkatkan ekonomi petani setempat.

Untuk membantu membuat kolam ikan tersebut, Pemkab Dharmasraya meminjamkan excavator secara gratis.

“Mencetak kolam ikan seluas 2 hektar diperuntukan bagi kelompok tani agar lebih produktif. Prosedur pencetakan kolam baru ini yakni, kelompok tani (Keltan) memiliki lahan paling kurang 1 hektar, jelas wali nagari Ampang Kuranji, Picok Adera, kepada media www.laksusnews.com  Senin (17/7).

Selain itu, sambung Picok lagi, Keltan juga harus mengajukan proposal ke Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Dharmasraya. Dan setelah dilakukan survei lokasi secara teknis, maka hasil survei diverifikasi dan ditindak lanjuti.Setelah semua dianggap memenuhi persyaratan, lalu dibuatkan berita acara pemakaian atau perjanjian kerja.

“Dalam pembuatan kolam ini biasanya membutuhkan tiga sampai empat hari,” katanya.

Di informasikannya juga, Mencetak kolam ikan ini menggunakan excavator milik DKP Kabupaten Dharmasraya yang merupakan bantuan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia pada Desember 2011.

Sementara itu, Ketua Kelompok Tani (Keltan) Jorong Koto Diatas Kenagarian Ampang Kuranji, Nusi Wardi (43) mengaku sangat terbantu dengan support yang diberikan Pemka Dharmasraya memberikan peminjaman alat excavator untuk pembuatan kolam ikan ini.

“Kita mengucapkan terima kasih kepada wali nagari, Picok Adera yang telah membantu menfasilitasi masyarakat dalam rancangan kolam ikan ini, serta berhasil menggiring pemkab Dharmasraya untuk membantu program tersebut.”ujarnya salut. (Andika)

Check Also

Jalin Tali Kasih, IKW RI Kerjasama Humas Polda Sumbar Salurkan Bantuan Sembako

Padang (LN)– Ikatan Keluarga Wartawan (IKW-RI) Sumbar Bekerja sama dengan Humas Polda Sumbar dan Humas …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *