Home / ---- / Gubernur Sumbar Tertipu, DPMPTSP Lalai Ratusan IUP Tidak Kantongi Jaminan Reklamasi Pascatambang

Gubernur Sumbar Tertipu, DPMPTSP Lalai Ratusan IUP Tidak Kantongi Jaminan Reklamasi Pascatambang

Padang (LN)—Gubernur Sumbar sepertinya sudah tertipu ulah Dinas Penanaman Modal Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Sumbar yang lalai.

Berdasarkan sumber terpercaya, Terungkap ada ratusan Izin Usaha Pertambangan (IUP) yang tidak mengantongi jaminan reklamasi dan pasca tambang.

Bahkan, terindikasi ada jaminan reklamasi itu yang digelapkan, sehingga berakibatkan terhadap kerugian negara hingga ratusan juta rupiah.

Hebatnya lagi, terjadinya pencairan bunga deposito jaminan pasca tambang sebelum jatuh waktu tempo.

Padahal untuk proses pencairan bunga deposito jaminan Pasca tambang berupa Deposito Berjangka ditempatkan pada bank Pemerintah di Indonesia atas nama Direktur Jenderal atau gubernur qq pemegang IUP Operasi Produksi atau IUPK Operasi Produksi yang bersangkutan dengan jangka waktu penjaminan sesuai dengan jadwal pasca tambang;

Terkait hal itu, Kadis PMPTSP Sumbar, Maswar Dedi (MD) saat dikonfirmasi melalui WhatsApp ke nomor 08xx, Sabtu (8/8).

Dijelaskannya “DPMPTSP dan Dinas ESDM dalam hal adalah sebagai SKPD yang mempunyai kewenangan dalam bidang perizinan ESDM bahwa perusahaan pertambangan yang sudah mengantongi IUP serta membayarkan kewajibannnya sesuai dengan peraturan UU yang berlaku dan tidak ada deposito jaminan pasca tambang yang dicairkan sebelum jangka waktunya”.

Tidak ada pencairan dan sudah dilakukan crosscheck kepada bank tempat pembayaran deposito jaminan pasca tambang, tegasnya.

Ditambahkannya, “Sebaiknya bapak coba konfirmasi ke kabid perizinan saya, Krn saya tidak hafal seluruhnya, mhn maaf”, tutup MD.

Dari hasil konfirmasi tersebut, Kadis PMPTSP Sumbar, Maswar Dedi terkesan berupaya untuk menutupi persoalan itu dari publik, dengan cara mengalihkan kepada kebawahannya.

Sungguh naif, Kadis PMPTSP Sumbar tidak mengetahui persoalan yang terjadi di OPD yang dipimpinnya itu.

Untuk mendalami lebih lanjut, maka media ini masih berupaya untuk mengumpulkan data dan informasi dari berbagai sumber.

Tunggu berita selanjutnya.

#fit

Check Also

OP SDA V Sumbar Pertahankan Kondisi Bendungan Batang Tongar

Padang (LN)—Pemeliharaan bendungan sangat penting dilakukan guna mempertahankan kondisi bendungan agar tetap sesuai dengan fungsinya. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *