Home / BERITA TERBARU / Korut Siap Jajal Rudal Jarak Jauh usai Uji Bom Hidrogen
North Korean leader Kim Jong-un delivers a New Year address in Pyongyang in this picture released by the North's official KCNA news agency on January 1, 2013. REUTERS/KCNA

Korut Siap Jajal Rudal Jarak Jauh usai Uji Bom Hidrogen

TOKYO – Korea Utara (Korut) dilaporkan mempersiapkan diri untuk meluncurkan rudal jarak jauh pada minggu depan. Laporan dari media Jepang itu muncul beberapa pekan setelah Pyongyang mengklaim berhasil menguji coba senjata nuklir paling berbahaya, bom Hidrogen, yang mampu memunsahkan Amerika Serikat (AS).

Kantor berita Jepang, Kyodo, pada Kamis (28/1/2016) mengutip pejabat seorang Pemerintah Jepang, melaporkan bahwa persiapan rezim Kim Jong-un untuk meluncurkan rudal jarak jauh terpantau citra satelit. Peluncuran rudal jarak jauh Korut disebut akan dilakukan dari situs Tongchang-ri.

Pejabat Jepang itu memprediksi, peluncuran rudal jarak jauh Korut paling cepat berlangsung satu minggu dari sekarang. Jika prediksi itu benar, maka ini akan menjadi peluncuran rudal jarak jauh pertama Korut sejak 2012, setelah negara itu berhasil menempatkan objek dalam orbit Bumi.

Pemerintah Korut belum mengkonfirmasi laporan tentang persiapan peluncuran rudal jarak jauh itu. Korut tidak peduli dengan sanksi yang dijatuhkan Dewan Keamanan PBB atas program rudalnya. Jika terlaksana, peluncuran rudal jarak jauh itu akan membuat Korut mendapat sanksi baru dari Dewan Keamanan PBB.(Sindo News)

Check Also

HUT IKW Ke-4 Tahun, Wako Padang Mahyeldi Didaulat Sebagai “Dewan Pembina Istimewa”

Padang (LN)—Walikota Padang hadiri HUT Ikatan keluarga Wartawan (IKW) ke-4 tahun, bertempat di water park …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *