Home / BERITA TERBARU / Nilai transfer Liga Primer musim 2015-2016 Terbesar sepanjang masa
Klub-klub Liga Primer menghabiskan lebih dari £1 miliar untuk belanja pemain musim ini, termasuk pembelian Kevin De Bruyne (kiri), Anthony Martial (tengah), dan Raheem Sterling (kanan).

Nilai transfer Liga Primer musim 2015-2016 Terbesar sepanjang masa

Klub-klub Liga Primer secara akumulatif telah menghabiskan lebih dari £1 miliar atau setara dengan Rp19,67 triliun. Rekor itu diciptakan seiring dengan ditutupnya jendela transfer Januari, pada Selasa (02/02), pukul 06.00 WIB.

Dikutip dari BBC Indonesia, Berdasarkan catatan lembaga keuangan Deloitte, total dana yang telah dikeluarkan pada jendela transfer Januari mencapai £175 juta. Apabila diakumulasikan dengan nilai transfer pada musim panas lalu, 20 klub di Liga Primer telah menggelontorkan £ 1,045 miliar.

 

“Kami melihat klub-klub Liga Primer memanfaatkan jendela transfer Januari untuk berinvestasi secara signifikan pada pemain-pemain bertalenta,” kata Dan Jones, analis Deloitte di bidang bisnis olahraga.

Dari beberapa klub yang beraksi pada jendela transfer Januari, Newcastle United ialah klub teraktif. The Magpies—julukan Newcastle United—membelanjakan £29 juta untuk sejumlah pemain, termasuk Jonjo Shelvey, Andros Townsend dan Henri Saivet. Itu belum termasuk tawaran £21 juta untuk striker West Brom, Saido Berahino.

Adapun nilai transfer terbesar pada jendela transfer Januari dibukukan Stoke City. Klub itu memecahkan rekor transfer sendiri dengan merekrut gelandang Giannelli Imbula dari FC Porto senilai £18,3 juta untuk kontrak selama lima setengah tahun.

Pemain berusia 23 tahun itu pernah memperkuat tim nasional Prancis U-21, tapi bisa juga bermain untuk timnas senior Belgia. Ketika membela FC Porto, Imbula diturunkan melawan Chelsea dalam Liga Champions musim ini.

Perekrutan lain pada jendela transfer Januari dilakukan Everton yang menggaet pemain depan Oumar Niasse dari klub Rusia, Lokomotiv Moskow, dengan nilai kontrak £13,5 juta selama empat setengah tahun.

Selama berkostum Lokomotiv Moskow, pemain 25 tahun asal Senegal itu telah bermain 23 kali dan mencetak 13 gol sepanjang musim ini.

Sejumlah analis menilai alasan utama mengapa klub-klub papan tengah dan zona bawah klasemen Liga Primer berbelanja pemain pada jendela transfer Januari ialah untuk memperkuat tim sehingga klub-klub itu tidak terjungkal ke divisi dua musim depan.

Hal ini krusial karena setiap klub Liga Primer bakal mendapat jatah £99 juta dari hak siar televisi pada musim 2016-2017.

Check Also

Ganti Perusahaan untuk “Kelabui Publik”, Proyek Gedung Kebudayaan Sumbar Terindikasi “Dimonopoli”

Padang (LN)—Gedung Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat (GKSB) memiliki kompleks gedung yang berfungsi sebagai tempat pameran,  …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *