Home / ---- / Sekumpulan Pemuda Tangkap “Minyak Oplosan”, Diduga “Dibeking “Oknum Polsek

Sekumpulan Pemuda Tangkap “Minyak Oplosan”, Diduga “Dibeking “Oknum Polsek

KEMUNING (LN)–Sekumpulan pumuda Kelurahan Selensen Kec. Kemuning menahan satu truck colt diesel Nomor polisi (Nopol)  BH 8616 KI yang mengangkut minyak oplosan (ilegal), Kamis (5/5).

Penahanan itu berawal dari keresahan masyarakat, karena maraknya beredar minyak oplosan (ilegal) di kecamatan Kemuning.

Kejadian ini berawal ketika truck pembawa minyak oplosan tersebut melintas di jalan lintas timur tepatnya dipasar kelurahan selensen sekitar jam 5 sore.

Petang itu, beberapa orang pemuda yang sedang berkumpul melihat sebuah truck berwarna kuning yang diduga membawa minyak ilegal melintasi pasar kelurahan selensen, sontak saja para pemuda tersebut memberhentikan dan menanyakan apa muatan yang dibawa itu dan benar saja ternyata isi truck tersebut minyak ilegal yang berasal dari palembang.

Selanjutnya, truck yang berisikan minyak kecruk tersebut diarahkan untuk parkir di lapangan bola lama tepatnya didepan sekretariat pemuda kelurahan selensen.

Ketua pemuda kelurahan selensen R. Pansuri mengatakan bahwa minyak kecru (oplosan) ini diduga kuat di backing oleh oknum anggota petugas polsek kemuning.

“Sepertinya minyak ilegal ini dilindungi oleh oknum anggota polsek kemuning, terbukti pada saat kami (pemuda) menahan mobil ini, ada oknum anggota polsek kemuning berinisial (H) datang menemui saya dan meminta agar mobil berisikan minyak kecruk ini dibebaskan, ujarnya.

Lanjut pansuri, upaya mediasi untuk melepaskan mobil tersebut pun terus mengalir.

“Tak lama berselang, ada juga yang nelpon saya sepertinya orang berpengaruh di polsek kemuning yang juga meminta untuk berbaik hati melepaskan mobil yang ditahan itu tapi kami berkomitmen untuk tetap menahan, ini akibat lunturnya kepercayaan kami sebagai masyarakat terhadap penegakkan hukum di wilayah kecamatan kemuning, ujarnya.

“ini kan lucu masa penegak hukum mengajari masyarakat melanggar hukum?
Ada apa dengan polsek kecamatan kemuning yang sepertinya sengaja melakukan tindakan pembiaran terhadap minyak ilegal ini?

Ya beginilah jadinya, masyarakat beserta pemuda langsung turun tangan.
Kata ketua pemuda selensen tersebut dengan kecewa.

Awi (41) supir truck pembawa minyak ilegal tersebut memaparkan bahwa ini kedua kalinya ia membawa minyak oplosan dari palembang itu ke ibu kota kabupaten indragiri hilir, yakni kota Tembilahan.

“Ini kedua kalinya saya bawa minyak ini dari Palembang ke Tembilahan, selebihnya ke pekanbaru bang, tuturnya.

Ketika ditanya kenapa minyak ini bisa lolos dari palembang sampai ke kemuning (Riau).

Ia (sopir) menjelaskan bahwa dirinya hanya mengikuti arahan tokenya untuk menghubungi beberapa oknum petugas kepolisian yang dituju agar diberi ijin melintas.

“Jadi, kalau dari palembang, saya menelpon oknum anggota polisi tertentu untuk minta ijin melintas mulai dari palembang, jambi, PJR perbatasan riau jambi dan juga oknum petugas polsek kemuning, setelah ada persetujuan barulah saya lewat, ungkap awi selaku sopir pembawa minyak oplosan tersebut.

Seperti diketahui, minyak oplosan ini termasuk minyak ilegal di wilayah hukum provinsi riau karna tidak memiliki dokumen lengkap serta dapat merusak kendaraan roda dua dan roda empat.

Berdasarkan penelusuran langsung wartawan metrorepublik.com di TKP benar adanya sebuah mobil Truck berwarna kuning terparkir di halaman sekretariat pemuda kelurahan selensen dan bermuatan 40 jeregen minyak oplosan yang terdiri dari solar, bensin dan minyak tanah.

Dan sejak minyak tersebut ditahan sekitar jam 5 sore Sampai jam 9 malam awak media memantau tidak terlihat satu pun adanya petugas polsek kemuning berada di lokasi tempat kejadian perkara (TKP).

Terkait dengan kejadian ini masyarakat kecamatan kemuning mengharapkan ketegasan dari kapolres indragiri hilir untuk menindak tegas oknum anggotanya jika terbukti ikut serta ambil andil dalam permainan ilegal ini, karna perilaku tidak terpuji oknum aparat penegak hukum tersebut sangat mencoreng nama baik institusi kepolisian.

 

Sumber :  www.zonariau.com

Check Also

Terbongkar, Dinsos Padang Ajukan Data Fiktif, Dana BLT Bantuan Covid 19 Rp1,1 Milyar Terindikasi Digelapkan

Padang (LN)—Bantuan langsung tunai (BLT) untuk masyarakat kota Padang yang terkena dampak covid 19 TA.2020 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *