Home / ---- / Penyakit DBD di Lubas Meningkat, 5 Jiwa Perhari Masuk RS

Penyakit DBD di Lubas Meningkat, 5 Jiwa Perhari Masuk RS

Agam (LN)–Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) yang di derita masyarakat sejak akhir Desember 2015 hingga sekarang meningkat drastis karena cuaca dan keadaan iklim di lingkungan masyarakat.

Tercatat, pasien yang di rawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lubuk Basung Kabupaten Agam sudah mencapai 61 jiwa.

Sebagaimana dikatakan, Direktur RSUD Lubuk Basung Dr H.Bakhrizal, “Apabila dibandingkan antara tahun 2014 dengan 2015, maka didapatkan hasil yang jauh berbeda. 2015 jauh lebih tinggi, ungkapnya.

Menurutnya bakhrizal , pada waktu biasa, dalam satu bulan paling banyak hanya ada satu penderita DBD yang dirawat di RSUD, bahkan seringkali tidak ada pasien DBD sama sekali.

Namun pada awal tahun ini, menurut Bakhrizal terjadi peningkatan, rata-rata lima penderita DBD yang masuk ke RSUD Lubuk Basung setiap hari nya.
.
“Kita di pihak rumah sakit akan berikan pelayanan maksimal, dengan melakukan penaganan cepat kepada pasien penderita DBD sehingga tidak berakibat fatal, sampai Bakhrizal.

Di tempat terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Agam, Indra Rusli mengatakan pihaknya akan melakukan foging atau pengasapan di daerah yang rawan DBD untuk mengantisipasi penyebaran penyakit tersebut.

Selain itu, pihaknya juga melakukan penyuluhan terkait penyebaran nyamuk aedes aegypti yang merupakan penyebab penyakit DBD.

“Ini akan kita lakukan dalam waktu dekat, sehingga penyebaran penyakit DBD berkurang,” ungkap Rusli. .

Sangat penting, tegasnya, masyarakat harus melakukan pencegahan mulai dari lingkungan terdekat. Pencegahan itu seperti, menerapkan pola hidup bersih dengan cara menimbun kaleng bekas, membersihkan bak penampungan air, menutup bak penampungan air dan lainnya.

Sambungnya lagi, Kemudian, menggunakan kelambu saat tidur siang, serta tidak mengantungkan pakaian dan lainnya yang mengundang nyamuk-nyamuk berdatangan. (Dika)

Check Also

Kontrol Pembangunan Mesjid Kantor Gubernur, PTP DPUPR Sumbar Ingatkan “Jangan Cepat Puas”

Padang (LN)–DPUPR Sumbar terus memantau perkembangan pekerjaan Pembangunan Mesjid kantor Gubernur Sumbar Meskipun pada saat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *