Home / ---- / Peringatan HUT RI ke-75 Tahun, Wako Padang : Mari Warisi Semangat Kemerdekaan

Peringatan HUT RI ke-75 Tahun, Wako Padang : Mari Warisi Semangat Kemerdekaan

PADANG (LN)—Pemerintah Kota Padang menggelar Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-75 tingkat Kota Padang di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Imam Bonjol, Senin pagi (17/8/2020).

Upacara yang tetap mengacu sesuai (protokol kesehatan-red) di tengah pandemi virus corona atau Covid-19 yang masih mewabah di Kota Padang itu, dipimpin Wali Kota Padang Mahyeldi dengan dihadiri Wakil Wali Kota Hendri Septa, unsur Forkopimda Plus, pimpinan OPD beserta Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemko Padang.

Selain itu juga hadir para pimpinan Organisasi Kemasyarakatan (Ormas), partai politik serta keluarga para pahlawan dan pejuang veteran kemerdekaan RI.

Memulai sambutanny, Wali Kota Mahyeldi menyampaikan bahwa peringatan HUT RI yang setiap tahunnya diperingati dan dirayakan oleh seluruh rakyat Indonesia setiap 17 Agustus itu, sejatinya adalah hasil perjuangan anak bangsa, para pahlawan dan seluruh elemen masyarakat.

“Kita sama-sama mengetahui, bahwa perjuangan bangsa Indonesia untuk mempertahankan dan mengusir kaum penjajah di muka bumi nusantara ini tidaklah mudah, melainkan melalui perjuangan yang sangat panjang dan melelahkan 3,5 abad lamanya. Tidak terhitung baik harta benda yang hilang bahkan nyawa yang melayang karena gugur di medan perang,” ujar wako dengan nada haru.

Maka dari itu, Mahyeldi berharap, melalui momentum HUT Kemerdekaan RI ke-75 ini kepada seluruh warga masyarakat Kota Padang untuk dapat terus mewariskan semangat kemerdekaan dengan mendukung setiap kemajuan pembangunan bangsa ke depan.

“Sebagaimana pada peringatan HUT RI ke-75 ini secara nasional mengangkat tema “Indonesia Maju Demi Kesinambungan Pembangunan Menuju Indonesia Maju, Damai, Sejahtera dan Bermartabat”. Untuk menjawab semua itu, kita Pemerintah Kota Padang akan bekerja keras dengan melibatkan semua elemen masyarakat demi terlaksananya pembangunan di segala bidang. Insya Allah, dengan sinergi serta persatuan dan kesatuan yang terbangun secara baik secara bertahap masyarakat adil dan makmur akan terwujud di Kota Padang yang kita cintai ini,” imbuhnya.

Lebih lanjut orang nomor satu di Ibukota Provinsi Sumatera Barat itu menambahkan, sebagaimana diketahui bersama, di penghujung tahun 2019 dunia, Indonesia dan termasuk Kota Padang dikejutkan dengan munculnya wabah Covid-19. Pandemi ini pun telah banyak mengakibatkan kerugian negara, dampak secara sosial ekonomi bahkan menimbulkan korban jiwa.

Sehingga, katanya, menyikapi perkembangan pandemi tersebut, Pemko Padang dengan sinergitas bersama unsur Forkopimda dan semua komponen masyarakat terus berupaya semaksimal mungkin menangani penyebaran Covid-19 serta dampaknya.

“Berbagai upaya dan langkah konkrit telah dan akan terus kita lakukan demi mempercepat pemutusan mata rantai penularan virus tersebut. Alhamdulillah, upaya tersebut telah membuahkan hasil dengan mulai melandainya kasus konfirmasi positif tepatnya pada pertengah Juli 2020 lalu. Untuk masa yang akan datang kita akan terus melakukan berbagai upaya ‘perang’ terhadap Covid-19. Baik melalui tracing, testing, isolasi dan pengobatan serta tata kelola cerdas terhadap Covid-19 dan dilanjutkan dengan ‘surveylance’ dengan metode pemeriksaan labor atau ‘pool test’ di setiap kelurahan,” jelas Mahyeldi.

Untuk itu, tambah wako lagi, melalui momentum Hari Jadi RI ke-75 tahun ini diharapkan semua elemen di Kota Padang sama-sama mengisi kemerdekaan dengan hal-hal positif untuk kemajuan bangsa ke depan.

“Seperti kondisi saat ini terutama memerangi Covid-19 dan membangkitkan kembali perekonomian dan kemajuan pembangunan Kota Padang pasca dihantam virus mematikan tersebut. Dirgahayu RI ke-75 berkibarlah benderaku, jayalah negeriku, bersatulah bangsaku, utuhlah NKRI ku,” pungkas Wali Kota Padang bersemangat.

Di akhir kegiatan juga dilakukan penganugerahan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya yang diserahkan Wali Kota Padang Mahyeldi kepada 112 PNS Pemko Padang termasuk Sekda Amasrul di dalamnya. Terdiri dari sebanyak 90 PNS dengan masa kerja 30 tahun dan 22 PNS masa kerja 10 tahun. Selain itu juga dilakukan penyerahan reward untuk sejumlah lomba pilar-pilar sosial teladan tingkat Kota Padang, prestasi di bidang pendidikan dan beberapa prestasi lainnya.(David/Tim Humas)

Check Also

Pembagunan Cekdam di Kec. Pauh Tuntas, Kecemasan Masyarakat Terjadinya Banjir Mulai Sirna

Padang (LN)—Dinas PUPR Padang melalui Bidang Sumber Daya Air (SDA) terus berupaya membenahi infrastruktur pengairan, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *