Home / SUMBAR / Kab/Kota Solok & Solok Selatan / Pol. PP Sumbar Diturunkan Mendistribusian Logistik ke Daerah Terisolir

Pol. PP Sumbar Diturunkan Mendistribusian Logistik ke Daerah Terisolir

KAB.SOLOK (LN)–Kemaren (11/2) rombongan Pj Gubernur Sumbar (Reydonnyzar Moenek) melakukan kunjungan korban banjir dan longsor di Kabupaten Solok Selatan yang di dampingi oleh Plt. Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Sumatera Barat (Ir. Afrin Jamal) dan beberapa Kepala SKPD lainnya.

Sepanjang perjalanan diiringi hujan lebat sampai menuju lokasi, di daerah Lolo Surian Pantai Cermin Kabupaten Solok, rombongan Pj Gubernur di hadang oleh longsor yang menutup akses jalan ke lokasi, sehingga rombongan Gubernur pindah kendaraan dinas Pemerintah Kab Solok Selatan dan terus dilanjutkan menuju Posko bencana alam banjir dan longsor di daerah Pasar Muaro Labuh yang disambut Pj Bupati Solok Selatan Erizal.

Setelah mendengar informasi dari Plt Kalaksa BPBD Sumatera Barat (Zulfiatno) dan keterangan Pj Bupati Solsel yang mengatakan bahwa korban longsor dan banjir sebanyak 1500 KK dan luas sawah yang dihantam banjir 649 hektar termasuk kerusakan jalan dan jembatan. Akibat bencana alam ini 5 orang meninggal dunia, 1 orang hilang masih dilakukan pencaharian.

Selain itu Moenek juga mendengarkan keluhan korban bencana banjir dan longsor yang sangat membutuhkan bantuan obat-obatan, selimut, air bersih dan makanan yang dianggap lambat disebabkan banyaknya badan jalan longsor dan mengakibatkan jalan terputus.

Untuk memenuhi kebutuhan makanan para korban bencana banjir dan longsor yang berada di lokasi terisolir Moenek meminta bantuan helikopter Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Padang dan memerintahkan Satpol PP untuk dapat membantu mendistribusikan logistik di daerah-daerah terisolir dan saling kerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Barat, pihak TNI dan Kepolisian serta tetap berkoordinasi dengan Pemkab Solok Selatan.

Menyikapi Perintah Pj Gubernur Sumbar tersebut, Plt. Kasatpol PP langsung mengirimkan kembali pasukannya (hari ini 12/2) sebanyak 25 orang untuk mendistribusikan logistik di daerah-daerah terisolir, “kemaren kami telah mengirimkan anggota Pol PP sebanyak 25 orang untuk evakuasi korban banjir dan longsor dan sekarang kami kembali mengirimkan anggota Pol PP 25 orang untuk menditribusikan logistik,” ujar Afrin.

“Kami akan mengupayakan semaksimal mungkin, anggota Pol PP sudah siap dan terlatih dalam penanggulangan bencana, hanya kami terkendala dengan sarana dan prasarana untuk evakuasi dan distribusi logistik,” ungkapnya Afrin Jamal.

Check Also

O2SN SLB Sumbar Dibuka, Kadisdik Sumbar : Tunjukan Prestasi, Penyandang Disabilitas Jangan Dipandang “Sebelah Mata”

Padang (LN)—Pembukaan acara kegiatan Olimpiade Olah Raga Siswa Nasional (O2SN) SLB tingkat Provinsi Sumatera Barat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *