Home / ---- / Proyek Sterilisasi Jalur KA Pulau Air Bermasalah, PT. Prawiramas Puriprima Zholimi Hak Pekerja

Proyek Sterilisasi Jalur KA Pulau Air Bermasalah, PT. Prawiramas Puriprima Zholimi Hak Pekerja

Padang (LN)—Pelaksanaan Pekerjaan Peningkatan dan Sterilisasi Jalur KA di KM 0+00 S/D 2+950 KM SP Termasuk Penataan Spoor di Emplasemen Stasiun Padang Lintas Padang Pulau Air diduga bermasalah.

Kegiatan Kementerian Perhubungan, Direktorat Jenderal Perkeretaapian yang berada dibawah Balai Tekhnik Perkeretaapian KLS II Wilayah Sumatera Barat ini dipercayakan kepada PT. Prawiramas Puriprima diduga telah menzalimi hak pekerja.

Dalam melaksanakan pekerjaannya PT. Prawiramas Puriprima tidak memenuhi hak tenaga kerja yang dipekerjakan, tenaga kerja dimanfaatkan hanya dengan perjanjian lisan atau tanpa kontrak kerja sebagaimana mestinya.

Bekerja tanpa kontrak kerja yang jelas sudah pasti menempatkan buruh pada posisi yang sangat lemah hingga buruh tidak bisa memperjuangkan haknya sebagaimana mestinya, dan perusahaan dapat berbuat semaunya.

Kondisi yang menjadikan buruh dalam posisi yang sangat lemah (tanpa kontrak kerja) ini diakui oleh Irawan (Direktur) PT. Prawiramas Puriprima ketika dikonfirmasi melalui selulernya.

Irawan yang mengaku sudah pulang ke Palembang ini mengatakan bahwa PT. Prawiramas Puriprima hanya berhubungan dengan Raymon dan dibuat kesepakatan bahwa upah dibayar berdasarkan volume pekerjaan yang terselesaikan.

Sementara itu menurut Andes yang berhubungan langsung  dengan buruh mengatakan bahwa ia memang berada pada posisi yang sangat lemah karena bekerja tanpa ada kontrak hingga tidak dapat berbuat banyak.

Andes mengatakan bahwa ia kekurangan upah sekitar Rp. 60 Juta akan tetapi Irawan tidak berkenan membayar kekurangan tersebut yang berdampak kepada “teraniayanya” puluhan orang buruh yang ia bawa dari Mentawai.

Sementara itu ketika ditanya terkait masalah lain atau terkait kualitas pekerjaan yang dilaksanakan oleh PT. Prawiramas Puriprima tersebut, Andes mengatakan tidak ingat secara detail “kita siap mendata pekerjaan yang mungkin saja tidak sesuai dengan bestek dan spesifikasi tekhnis.

Dilain sisi sehubungan dengan pembayaran yang 100 persen terhadap kegiatan tersebut Irawan menjelaskan bahwa silahkan dikonfirmasi kepada Balai Tekhnik Perkeretaapian KLS II Wilayah Sumatera Barat.

Sehubungan dengan kondisi ini, Rinaldi mengatakan bahwa tidak adanya kontrak kerja dengan buruh tersebut kadangkala merupakan suatu hal yang disengaja dan terencana oleh perusahaan nakal dalam upaya meraup keuntungan besar tanpa bisa digugat oleh pekerja.

Apalagi jika perusahaan yang digunakan pada suatu kegiatan tidak dikontrol secara langsung oleh pemilik perusahaan atau mungkin hanya perusahaan “sewaan” biasanya selalu bermasalah.

Sehubungan hiruk pikuk masalah upah yang tidak dibayar dan kualitas pekerjaan kegiatan ini, Muhammad Anshari sebagai PPK tidak bisa ditemui di Balai Tekhnik Perkeretaapian KLS II Wilayah Sumatera Barat.

#red/DT/An

Check Also

OSN SD-SMP Di Padang Sukses, Disdik Siap Kirim Peserta Ke Tingkat Provinsi

Padang (LN)—Dinas Pendidikan kota Padang sukses melaksanakan Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat SD-SMP se kota …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *