Home / ---- / PT. Murni KM “Kebiri” Hak Pekerja, Terindikasi Gunakan SKA K3 “Rental”

PT. Murni KM “Kebiri” Hak Pekerja, Terindikasi Gunakan SKA K3 “Rental”

Bukittinggi (LN)—Pembangunan Puskesmas Tigo baleh yang dikerjakan PT. Murni Karya Mandiri (MKM) terindikasi Kangkangi Peraturan Umum Keselamatan Kerja dari Departemen Tenaga Kerja,
PP Nomor 50 Tahun 2012 serta dokumen Kerangka Acuan Kerja (KAK).

Proyek yang danai APBD Bukittinggi TA.2019 melalui DPA Dinas Kesehatan Kota (DKK) Bukittinggi dengan anggaran sebesar Rp 6.896.353,575, terindikasi menkebiri hak pekerjan dalam mendapatkan Keselamatan dan kesehatan kerja (K3).

Sanggat Ironinya, DKK Bukittinggi seyogyanya menjadi ujung tombak dalam memberikan perhatian kesehatan terhadap masyarakat pekerja malah lalai.

Perusahaan yang berasal di luar Sumbar, beralamat jl. Gurami V No. 18 Limbungan Baru Rumbai kota Pekan Baru Riau ini dibiarkan bekerja seenaknya, tanpa berpedoman pada aturan yang sudah ditetapkan.

Dari pantau media, Senin (9/12) didapati para pekerja melakukan aktivitas tidak dibekali dengan alat pelindung keselamatan (APK) seperti helm, sepatu safety, rompi, body Hermes ataupun rambu peringatan.

Padahal salah satu persyaratan lelang, perusahaan/peserta harus memiliki personil/petugas K3 yang dibuktikan dengan sertifikat Keahlian (SKA) Keselamatan dan kesehatan kerja (K3).

Namun kenyataan dilapangan, petugas serta penerapan K3 tidak dilaksanakan sebagaimana mestinya.

Kuat dugaan SKA K3 yang digunakan CV. MKM pada dokumen lelang merupakan SKA Rental/Sewa.

Terkait hal itu, Yudi yang mengaku sebagai pelaksana lapangan CV. MKM saat dikonfirmasi, Senin (9/12) dilokasi proyek mengatakan, Tidak diterapkannya K3 karena tidak ada dianggarkan dalam RAB Pembangunan Puskesmas Tigo baleh.

Untuk mendapatkan kejelasan hal tersebut, media ini masih berupaya melakukan konfirmasi ke DKK Bukittinggi, untuk menemui PPK/PPTK Pembangunan Puskesmas Tigo baleh, Mardison, belum dapat ditemui.

Tunggu berita selanjutnya

#Tim

Check Also

OSN SD-SMP Di Padang Sukses, Disdik Siap Kirim Peserta Ke Tingkat Provinsi

Padang (LN)—Dinas Pendidikan kota Padang sukses melaksanakan Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat SD-SMP se kota …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *