Home / ---- / Rehabilitasi/Perbaikan Trotoar Paket 3 Kacau Balau, Terindikasi PT. AGARA INDAH PERKASA “Mainkan Spek”

Rehabilitasi/Perbaikan Trotoar Paket 3 Kacau Balau, Terindikasi PT. AGARA INDAH PERKASA “Mainkan Spek”

PADANG (LN)–Pekerjaan Rehabilitasi/Perbaikan Trotoar Paket 3 yang dikelola Dinas Pekerjaan Umum Kota Padang, pagu anggaran Rp 3.053.299.000 dari APBD Kota Padang TA.2016 dimenangkan PT. AGARA INDAH PERKASA dengan harga Penawaran Rp 2.561.730.000 terlihat kacau balau, baik secara administrasi, apalagi pekerjaan fisik.Parahnya lagi, terindikasi speksifikasi material tidak sesuai dengan ditentukan.

Dari sisi administrasi, plang proyek sebagai papan informasi, seharusnya menampilkan nama/judul kegiatan, perusahaan pelaksana dan pengawas, anggaran biaya, asal dana, tahun anggaran, waktu pelaksanaan agar masyarakat mengetahui kegiatan tersebut.

Anehnya, plang proyek yang di pasangnya tidak menyebutkan berapa anggaran pelaksanaan pekerjaan Rehabilitasi/Perbaikan Trotoar Paket 3 sehingga terkesan sengaja disembunyikan. Masyarakat merasa dikibuli, seakan ada misteri yang sengaja disembunyikan.

Indikasi permainan lain yang berkaitan dengan administrasi, pekerjaan ini mulai kontrak tanggal 31 Mei 2016, namun baru dikerjakan di akhir Juli 2016.

Menurut informasi dilapangan dari sejumlah masyarakat di sekitar lokasi pekerjaan proyek tersebut mengungkapkan, keterlambatan pekerjaan disebabkan perusahaan yang mengerjakan perusahaan asal luar Sumbar sehingga kesulitan menyewa alat berat dan mencari tenaga kerja.

Bukan itu saja, ketika ditinjau ke lokasi pekerjaan yang berada di sepanjang jalan Batang arau, terlihat material (bahan) dibiarkan menumpuk di pinggir jalan tidak tersusun dengan baik, seperti kanstin, precast, pasir dan sebagainya.

PARAHNYA, PT. AGARA INDAH PERKASA terindikasi melakukan praktek kotor dengan memainkan volume serta spek (material). Seperti yang terlihat dibeberapa titik, kanstin lama tidak dilakukan pembongkaran, hanya di plester saja untuk menutupinya kanstin lama.

Selain itu, ditemukannya precast dengan ukuran berbeda, tinggi dan panjang precast tidak sama antara satu dengan yang lainnya. Diragukan, kwalitas pricast tersebut tidak sesuai dengan spek yang ada, yakni pricast (pabrikasi) beton K-225.

Terindikasi, pricast yang digunakan PT. Agara Indah Perkasa bukanlah barang pabrikasi beton K-225, namun precast buatan sendiri, yang tidak jelas kekuatan beton-nya.

Ditambah lagi, pekerjaan pemasangan precast yang asal jadi, tidak berpedoman pada elevasi (tinggi-rendah). Yang akan berakibat, air tidak mengalir (tergenang) pada daerah/titik tertentu.

Terkait dengan pelaksanaan pekerjaan yang ditemukan tersebut, media ini berupaya untuk mengkonfirmasi pihak rekanan, PT. Agara Indah Perkasa dengan mendatangi redaksi kit (kantor lapangan), Jumat ( 26/8), namun pihak kontraktor pelaksana (PT. Agara Indah Perkasa) ataupun konsultan pengawas tidak ada ditempat…Bersambung (tim)

Check Also

Peringatan HUT RI ke-75 di Kampung Teluk Betung Kenagarian IV Koto Hilir Batang Kapas berlansung Meriah

PESSEL – Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia di Kampung Teluk Betung …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *